Aku Dan Pengalaman Menjajal Berbagai Handphone

Pengalaman menjajal berbagai handphone

Gak bisa dipungkiri, handphone kini bukan lagi kebutuhan sekunder bagi orang-orang. Dari balita sampai kakek-nenek banyak yang punya handphone sekarang. Yah, di zaman yang serba cepat ini emang kurang efektif rasanya kalau harus berkabar lewat surat.

Dengan sebuat alat berukuran 4-6 inci semua ada di genggaman tangan. Saya nyari receh di kaskus aja pake handphone.

Coba kita putar memori ke 10 tahun yang lalu, sekitar tahun 2008 handphone masih jadi kebutuhan sekunder. Setidaknya buat anak remaja SMP-SMA. Selain karena mahal, dulu kalau main ya langsung aja dateng ke rumahnya tapi dengan catatan harus janjian dulu di sekolah.

Mungkin ini juga yang membuat anak alay waktu itu kurang terekspose. Hanya diketahui oleh orang-orang yang sering main bareng. Gak seperti sekarang, alay dikit langsung muncul di internet kemudian langsung jadi bahan nyinyiran para warganet yang budiman itu.

Saya sendiri pertama kali pegang handphone kelas 1 SMA. Tapi karena handphone perlahan-lahan mulai berubah menjadi kebutuhan primer, saya jadi punya hobi bisnis kecil-kecilan yang memanfaatkan grup jual beli handphone di facebook sambil ngerasain gunta-ganti handphone wkwk

So, ini cerita setiap handphone yang pernah saya pegang. Rata-rata sih setiap handphone cuma mampir di tangan saya sekitar 1-3 bulan soalnya saya jual lagi.

Pertama Nokia 2610. Duit THR waktu kelas 1 SMA sebagian buat beli hp ini nih, meskipun masih nit-nit tapi dulu cukup keren kok.

Nokia 2610

Nokia 2610 bertahan dua tahun karena emang masih belum ada keinginan ganti hp, jangankan ganti, dipake aja jarang ini hp.

Kemudian selesai prakerin (praktek kerja industri) di kelas 3 alhamdulillah dapet sedikit rezeki buat beli Nokia 5233 seken. Waktu itu blackberry lagi booming banget. Dan saya gak suka sama blackberry karena gunanya cuma buat bbm-an, sedangkan untuk browsing dan lain-lain masih bagus symbian s60 kala itu.

Nokia 5233

Satu tahun kemudian, waktu tahun pertama kuliah dapet rezeki lebih lagi kemudian beli Galaxy Young GT S6310 atau Galaxy Young 2. Seneng bukan main punya hp pintar begini, jadi waktu itu hp saya ada dua: Nokia 5233 sama Young 2 ini.

Nah dari sini, karena hp dua sim masih mahal dan kebutuhan ganti kartu tiap abis kuota internet, saya mulai sering gunta-ganti hp. Tapi yang fungsinya buat sms sama telfon doang, smartphone yang buat sosmed-an masih tetap dipertahankan.

Samsung Galaxy Young GT S6310

Dari Nokia 5233 saya ganti jadi Nokia E75 dapet hasil tuker tambah via grup jual beli facebook. Lumayan dapet tambahan dikit buat jajan sambil ganti hp. Nokia E75 ini enak banget buat sms-an karena keypad yang empuk dan OS Symbian v60 membuat nya lebih ringan.

Sayang, E75 gak bertahan lama karena saya jual dengan harga sekita Rp. 350 ribuan. Bermodalkan Rp. 300 ribu saya beli hp Nokia 5800, kakaknya si Nokia 5233. Ajaibnya, kamera Nokia 5800 lebih bagus daripada Young 2 saya. Jadi lah hp ini dipake buat foto-foto daripada sms-an.

Nokia 5800

Puas jeprat-jepret pake Nokia 5800 kemudian saya jatuh cinta sama Galaxy Wonder punya mantan.

Demi kecintaan pada Galaxy Wonder saya jual Young 2 dan Nokia 5800, kemudian beli dari mantan saya. Riang bukan kepalang!

Sambil menikmati fitur-fitur custom rom Galaxy Wonder, saya nemu orang yang jual Nokia 5130 murah banget, cuma Rp. 50 ribu. Alasan nya karena harus di flash jadi jual murah. Beruntung banyak tutorial flash-nya di google, jadi dengan modal Rp. 50 ribu ditambah bayar wifi.id Rp. 5 ribu dan rokok Rp. 5 ribu saya punya dua hp lagi.

Samsung Galaxy Wonder

Bak kejatuhan durian runtuh, baru satu bulan Nokia 5130 saya genggam. Ada lagi orang yang ngajak barter sama Nokia 5530 dengan kondisi harus di flash. Yaudah lah ya, tutor flash nya juga banyak dan gak ribet akhirnya saya barterin deh. Lalu dateng ke wifi corner kemudian flash dan tara!! Nokia 5530 Symbian S60v5 hidup dengan baik.

Nokia 5530 ini nyaman banget di genggam karena ukuran nya yang kecil, selain itu suaranya juga mantep banget. Secara doi masih keluarga dari seri Xpress Music-nya Nokia.

Nokia 5530

Satu tahun kemudian Galaxy W saya mulai gak bisa mengikuti perkembangan zaman. Waktu itu lagi booming game Get Rich, sayang Galaxy W gak kuat.


Akhirnya saya jual Galaxy W dan Nokia 5530 buat beli Sony Xperia M dari mantan pacar lagi.

Wooh! Elegan banget ni hp.


Selain elegan juga bandel! Karena bisa maenin Get Rich dengan lancar jaya tanpa kendala dan CoC secara bersamaan. Mantep banget lah pokonya mah.

Rasa puas akan performa si Xperia M membuat saya rehat sejenak dari aktivitas jual beli hp online selama setahun. Sampai akhirnya Xperia M saya rusak dan gak bisa hidup lagi.


Grup jual beli online menjadi penyelamat karena masih ada yang mau beli hp bangkai seharga Rp. 350 ribu wkwk

Dengan modal segitu untuk sementara saya beli Nokia C6 karena Whatsapp masih bisa diinstal di hp Symbian. Sambil ngumpulin dana dan kerja serabutan dari bikin tugas sampai flash hp punya temen akhirnya bisa beli Lenovo A6010+ dengan tambahan sedikit dari kakak saya.

Tahun 2016 hp yang punya RAM 2GB, Internal 16GB serta Kamera utama 13MP lagi ngtren banget. Lenovo A6010+ masih kuat bersaing sama hp lain nya lah.

Lenovo A6010+

Hobi foto macro pake hp mulai saya gandrungi waktu itu, setelah puas hunting foto macro pake Lenovo A6010+ selama kurang lebih satu tahun akhirnya demi mendapatkan hasil foto yang lebih baik saya jual hp ini biar bisa beli Xiaomi Mi4i yang hasil kamera nya kece banget.


Sayang, Mobile Legend merusak segalanya.


Hobi foto macro saya tinggalin demi main ML yang menguras waktu. Dari yang awalnya beli Mi4i buat foto-foto akhirnya malah dipake main game yang tentunya bukan keunggulan hp ini.

Xiaomi Mi4i

6 bulan menekuni dunia per-ML-an, Mi4i saya terpaksa dijual karena beberapa kali bootlop. Daripada nanti malah mati total dan gak bisa dijual lagi, setelah memikirkan nya berulang kali, saya jual Mi4i dan sekarang pake Redmi 4X yang RAM 2GB buat nyari receh di kaskus.

Xiaomi Redmi 4X

Yaaaah begitu lah cerita bagaimana saya bisa sering ganti hp. Tadinya ini mau dimasukin ke event aku&koleksiku, tapi karena hpnya udah pada gak ada saya urungkan niat tersebut.

Makasih udah mau baca tulisan gaje dari saya. Barangkali ada agan sista yang punya pengalaman seperti saya, bisa di share juga di sini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url