Punya banyak website dan blog tapi nggak punya waktu buat bikin artikelnya? Sini, biar saya bantu

Jakarta, I'm Coming~

Sedikit cerita tentang keberangkatan saya ke perantauan :)
jakarta-im-coming

Pengalaman pertama merantau ke Jakarta - Hari yang (gak) ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga, wfh sudah selesai dan saya harus berangkat ke Jakarta. Dengan kata lain, WORK FROM OFFICE!!!

Dan ini juga jadi pengalaman pertama saya merantau ke luar kota. Rencananya sih mau bikin semacam jurnal di blog ini, nulis pengalaman dan kesan yang saya rasakan. Yah semoga istiqomah, deh.

Markimul, mari kita mulai ceritanya~

Sebenarnya wacana wfo sudah muncul sejak PPKM punya masa aktif seminggu sekali. Saya beberapa kali disuruh siap-siap buat ke Jakarta dalam waktu dekat.

Yang pertama kalau nggak salah ingat, sekitar tanggal 6 September dulu. Tapi ini nggak jadi karena PPKM diperpanjang lagi. 

Terus tanggal 13 dan nasibnya sama, nggak jadi juga. Yang terakhir, tanggal 4 dan ini akhirnya jadi. Wkwkwk perjuangan yang melelahkan.

Awalnya saya mau berangkat tanggal 25-an biar bisa adaptasi dulu sama Jakarta sebelum ngantor, tapi setelah dipikir-pikir lagi, kok masih betah di rumah. Hehehe jadilah keputusannya berangkat tanggal 2 alias hari Sabtu kemarin.

Sejak Jumat, 1 Oktober, saya sudah nyiapin semuanya. Barang-barang yang harus diambil, buku yang mau dibaca, baju yang mau dipake, sama kolor yang bakal jadi temen bobo. Semua di tulis satu-satu.

Di hari itu juga perasaan saya sudah mellow nggak jelas. Mendadak pengen ngumpul bareng temen-temen, lah. Tiba-tiba inget keponakan terus dan tentu saja kangen doi 🤭

Tapi ya gitu, waktu gak mungkin berhenti, mau gimana pun perasaan saya, lambat laun tanggal 1 bakal jadi tanggal 2, hari sabtu jadi hari minggu. 

Dan sabtu malam saya berangkat ke Jakarta. Sekitar pukul 12.00 malam.

Sebelum berangkat ada beberapa hal yang saya rasakan: seneng, excited, takut, cemas, gelisah, penasaran. Nano-nano deh pokoknya! 

Ya namanya juga pengalaman merantau pertama kan~

Oya, sebelum berangkat saya juga sempat memfoto rumah dari depan. Rumah ini yang udah melindungi saya dari orok dulu. 

Rumah peninggalan mamah dan bapak yang gak pernah bertambah besar. Rumah yang berantakan sekaligus bikin nyaman itu harus ditinggalkan juga.

Dari Ciamis saya berangkat naik mobil bareng kakak dan keponakan. Awalnya pas masih bulan Agustus-September, saya udah punya niat mau berangkat naik kereta aja. 

Bawa baju seperlunya, bawa barang juga secukupnya aja. Tapi nggak jadi karena kakak menawarkan diri buat nganter wkwkwk akhirnya kan jadi banyak baju yang dibawa ya.

Masalah dengan kartu tol

Kata pepatah dari kulon sana, kebanyakan orang saat bepergian selalu mengalami sebuah kekonyolan. Katanya begituu, gatau deh bener apa enggaknya. 

Namun saya mengalaminya sendiri. Sebuah kekonyolan yang rasanya nggak mesti terjadi juga. Dan yang paling parah, kekonyolan ini berkaitan dengan kartu tol -_-

Jadi begini, sejak masih di Ciamis, kakak saya ngisi saldo kartu tol biar jongjon dan tenang. 

Kami istirahat dulu di indomaret sebrang radio Aktari FM, nggak lama sih, paling cuma 5 menit doang deh. Setelah itu langsung deh cus berangkat ke Jakarta.

Nggak ada masalah yang cukup mengganggu selama di jalan, namun pas mau masuk tol kartu yang udah diisi tadi nggak bisa dipake. 

Udah ditap berkali-kali tuh sama petugasnya, tapi tetep aja nggak bisa. Lalu ujungnya dia bilang kalau kartunya patah dan kami harus beli kartu yang baru dengan saldo sekitar 20 rebu doang.

Cus ngeeeeng mobil melaju lagi sampai ke Padalarang kayanya. Iya saya nggak terlalu inget karena lebih banyak tidurnya hehehe 😋 

Di sini kami beristirahat sambil kakak saya tidur, sementara saya dan keponakan makan sambil ngerokok di luar mobil. 

Lumayan cukup lama kami berhenti di sini. Mungkin sekitar 2 jam, dari subuh sampai jam 6 pagi.

Selesai istirahat, melaju lagi. Terus ada pintu tol satu lagi kaan, nah di sini kekonyolan kedua terjadi. Kartu tol yang baru kami beli semalam hilang entah kemana ._. 

Kata kakak saya sih ketinggalan waktu ngisi saldo, tapi saya nggak inget, mungkin lagi tidur wkwkwk

Yowes lah akhirnya kami harus bayar tol lagi sebesar 160 ribu gitu ya, lumayan mahal lah pokoknya. Itu pun dibayar sama kakak. wkwkwk. 

Alhamdulillah, meski banyak drama dan tidur, kami tiba di Jakarta dengan selamat sentosa.

Pemandangan Jakarta pagi hari

Satu hal yang jadi perhatian saya begitu tiba di ibukota: NGEBUL alias kotor banget langitnya! 

Kamu pernah lihat nggak foto perbedaan langit jakarta pas libur lebaran sama hari biasa? Persis gitu banget!

Di Ciamis, kalau saya liat ke langit yang jauh jaraknya, warna biru dari langit dan pohon-pohon yang hijau masih keliatan jelas. 

Pergerakan kendaraan atau orang-orang juga bisa keliatan. Di Jakarta, kalau kamu ngeliat ke langit yang jauh, nggak ada tuh pemandangan kaya gitu.

Langitnya berkabut tapi warna kabutnya bukan putih, melainkan abu-abu gitu lah. Pokoknya sekali liat udah ketauan bahwa itu asap dari kendaraan dan pabrik-pabrik. 

Saya nggak ngerti bagaimana caranya orang-orang di Ibukota bisa hidup dengan keadaan lingkungan yang seperti itu.

Selain udara, satu lagi yang sangat mengganggu buat saya:

Jakarta yang hareuudaaaaang.

Kamu boleh bilang saya lebay atau apa lah, tapi ini benar-benar kenyataan. Kota metropolitan ini buat saya udah kaya open super duper gede. 

Gerah alias hareuudaaang banget.

Setelah sampai di Jakarta, hal pertama yang saya lakukan adalah melihat lokasi kantor di mana. Biar nanti nggak terlalu bingung kalau kerja. 

Ya seenggaknya saya tahu satu titik yang harus diingat, entah di Gmaps atau di dunia nyata.

Selesai menandai lokasinya, kami pergi ke kosan yang sudah saya booking lewat Mamikos yang nggak bener itu. 

Set set set dapat lah saya kosan dengan harga sejuta, cukup luas dan ada pencahayaannya. Tapi ya gitu, hareudang pisan.

Seumur hidup tinggal di Ciamis, saya nggak pernah seharian buka baju karena hareudang. Di Jakarta, baru aja sehari saya udah nggak pake baju dari pagi sampai malam. 

Bahkan nggak melakukan aktivitas apa pun bisa keringetan -_-

Nggak nyaman banget asli. Kipas angin kecil yang saya bawa dari rumah pun nggak ngasih banyak kontribusi. 

Dia seharian udah geleng-geleng ke kanan dan ke kiri, tapi keringat di badan saya masih netes aja seharian wkwkwk

Akan tetapi, saya tetap excited dengan pengalaman pertama kali merantau jauh dari rumah. Dan nggak tanggung-tanggung, bukan ke Garut atau Tasik, Jakarta bos! 

This should be appreciated, at least once in a while ya kan~

Content Writer, Penjaga Toko Buku Daring, Wibu Full Time.