Punya banyak website dan blog tapi nggak punya waktu buat bikin artikelnya? Sini, biar saya bantu

12 Anime Motivasi Untuk Jadi Lebih Baik di Tahun 2024

Yuk tambah semangat untuk mewujudkan wish list tahun 2024 dengan menonton anime motivasi berikut ini!
anime-motivasi

Anime hadir dan tumbuh di Indonesia dengan banyak prasangka. Ada yang bilang “cuma tontonan anak kecil”, “nggak ada manfaatnya”, “ngabisin waktu”, dan masih banyak lagi. Tapi nggak apa-apa, mungkin mereka belum ketemu anime motivasi yang bisa bikin api semangat berkobar tinggi seperti api unggun anak pramuka.

Saya percaya bahwa semua orang punya “tangki” motivasi yang isinya selalu berubah-ubah. Seringnya, perilaku seseorang ditentukan oleh isi tangki ini. Makin penuh isinya, makin besar kobaran api semangat dalam diri; begitupun sebaliknya.

Kalau isi tangkinya lagi kosong, kentut pun rasanya malas banget. Padahal hidup dan waktu nggak peduli soal itu, mereka akan tetap maju meski kemalasanmu sedang ada di puncak. Kita jadi harus mencari cara untuk mengisi ulang tangki motivasi dalam diri. Menyebalkan sekali, bukan?

Di sinilah peran anime motivasi, mereka menyuguhkan pelajaran yang jadi dorongan supaya penontonnya mau kembali “hidup”. Dalam setting yang paling surreal sekalipun, sebagian besar anime menggunakan manusia biasa sebagai tokoh utamanya.

Kamu bisa melihat mereka merasa marah, sedih, frustasi, hingga depresi karena masalah hidup masing-masing. Di saat yang sama, kamu juga bisa menyaksikan bagaimana mereka mengatasinya—baik secara langsung maupun nggak langsung.

Nah dalam artikel ini saya mau membagikan rekomendasi 14 anime motivasi yang bisa mengisi kembali “tangki” penampung motivasi dalam diri. Biar kamu selalu semangat untuk jadi lebih baik lagi di tahun 2024 ini.

Daftar Isi

Run With The Wind - Tentang Penerimaan Diri dan Kebersamaan

run-with-the-wind

Buat sebuah anime tentang olahraga lari, Run With The Wind mengambil awal yang sedikit berbeda. Ceritanya bukan dimulai dari ekskul yang diisi oleh maniac lari, melainkan dari sebuah asrama tempat berkumpulnya sepuluh mahasiswa medioker.

Dua dari sepuluh orang ini punya pengalaman menjadi pelari, tapi yang lainnya nggak. Beberapa bahkan ada yang benci dan nggak peduli sama sekali. Tetapi ini juga yang bikin ceritanya jadi penuh dinamika.

Masing-masing mereka harus melawan diri sendiri supaya bisa sampai ke tujuan yang sama: berpartisipasi di Hakone Ekiden, salah satu event marathon estafet bergengsi antar universitas.

Dari anime ini kamu bisa belajar tentang keluar dari zona nyaman, sekalipun sudah berusia “matang”. Nggak cuma itu, kamu juga akan melihat pentingnya kerja sama dalam melangkah ke arah yang lebih baik.

Chihayafuru - Tentang Dedikasi dan Ketangguhan

chihayafuru

Chihayafuru adalah anime motivasi dengan genre sport yang mengajarkan tentang dedikasi dan ketangguhan. Lewat cerita Chihaya Ayase, kamu akan diajak melihat cara mempertahankan passion dengan kegigihan luar biasa.

Chihaya sangat mencintai permainan Karuta dan bercita-cita untuk menjadi pemain terbaik. Karuta sendiri merupakan permainan kartu di Jepang yang dimainkan oleh dua orang. Cara mainnya cukup mudah, setiap pemain akan berlomba mengambil kartu yang diminta dari tumpukan kartu (deck) di depannya.

Deck yang digunakan ada banyak jenisnya, begitupun dengan aturan mainnya. Tapi kurang lebih seperti itu aturan dasarnya. Karena ini olahraga yang melibatkan kartu, pemain harus punya daya ingat dan kecepatan tangan yang luar biasa.

Tokoh utama kita, sayangnya bukan seorang yang jenius. Dia nggak selalu menang di setiap game yang dimainkan. Banyak banget lawan yang lebih jago dan mengalahkannya dengan telak. Tapi Chihaya nggak pernah menyerah, justru dia bisa belajar dari setiap kekalahan.

Chihayafuru cocok untuk ditonton ketika kamu merasa selalu kalah dalam mengejar passion. Karena kamu bisa belajar bagaimana mengubah kekurangan menjadi kelebihan demi menjadi individu yang lebih baik.

Teen Romantic Comedy Snafu - Tentang Membuka Diri dan Menerima Orang Lain

teen-romantic-comedy

Motivasi hidup itu nggak selalu tentang mengejar mimpi, ada juga tentang membuka diri dan menerima orang lain. Biar bagaimanapun, kita ini manusia biasa yang bisa berada di titik paling rendah.

Misalnya, merasa nggak ada orang yang peduli, sering dipandang sebelah mata, atau bahkan merasa nggak dianggap sama sekali. Keadaan seperti ini, nggak bisa dimungkiri, bikin kehidupan terasa menyebalkan dan menjijikan.

Inilah yang dirasakan oleh Hikigaya Hachiman, tokoh utama di anime Teen Romantic Comedy Snafu. Tapi dampak yang dirasakan olehnya lebih dari sekedar sebal dan jijik, dia sudah menganggap bahwa masa muda adalah kebohongan dan semua orang yang menikmatinya sebenarnya sedang menipu diri.

Suatu hari dia dipaksa ikut ekstrakurikuler “pelayanan sekolah” yang kegiatannya membantu semua murid mengatasi masalahnya. Setelah bergabung di ekskul ini, Hachiman mulai belajar untuk membuka diri dan menerima orang lain tanpa prasangka yang berlebihan.

A Place Further Than The Universe - Tentang Memanfaatkan Masa Muda

place-further-than-universe

A Place Further Than The Universe ini cocok buat kamu yang bosan dengan aktivitas rutin dan nggak punya motivasi lebih. Tokoh utamanya empat anak SMA yang punya semangat menggebu-gebu sampai rela melakukan apa saja demi mewujudkan mimpi pergi ke antartika.

Nggak peduli meski banyak orang yang mengejek, mereka tetap berusaha sekuat tenaga. Pastinya mimpi yang terasa mustahil ini nggak berjalan mulus. Mereka bahkan sudah mengalami hambatan jauh sebelum hari keberangkatan.

Namun hambatan yang ada nggak bikin mereka kehilangan semangat, apalagi melupakan mimpinya. Salah satu karakternya bahkan rela bekerja super keras agar isi rekeningnya makin banyak.

Kalau kamu punya mimpi besar yang rasanya mustahil diwujudkan, coba tonton anime ini biar dapat suntikan motivasi. Selain itu, A Place Further Than The Universe juga cocok ditonton ketika kamu ingin memanfaatkan masa muda tapi masih ragu-ragu.

Hajimo no Ippo - Anime Motivasi Buat yang Mau Workout

hajimo-no-ippo

Sebagai salah satu anime olahraga, Hajimo no Ippo ini termasuk tontonan yang bisa memotivasi kamu untuk mulai workout. Jadi buat kamu yang punya resolusi “lebih rajin olahraga di tahun 2024”, mending nonton anime ini deh.

Premisnya tipikal anime sport mainstream, Ippo Makunouchi—tokoh utamanya—nggak sengaja masuk ke dunia tinju lalu harus menghadapi lawan-lawan yang jauh lebih kuat dari waktu ke waktu. Untuk menghadapi lawan yang kuat itu, Ippo harus terus berlatih dan belajar teknik-teknik baru.

Tentunya, ada banyak scene workout yang bisa kamu tonton di sini. Jadi kalau kamu pengin mulai berolahraga di tahun ini, nggak ada salahnya menjadikan Ippo sebagai motivasi sekaligus teman.

Bocchi The Rock! - Tentang Menghilangkan Rasa Nggak Berdaya

bocchi-the-rock

Bocchi The Rock! pertama kali tayang waktu musim gugur tahun 2022. Saat itu, banyak banget anime lovers yang memuji karya Shouta Umehara ini sebagai salah satu anime comedy terbaik.

Tema “coming of age” yang sudah nggak asing di dunia anime berhasil dibalut dalam animasi epik dan dilengkapi komedi yang nggak lebay. Jadi cerita beranjak dewasanya nggak terasa dark, berat, atau depresif.

Meski begitu, kamu bisa merasakan dengan jelas bagaimana tokoh utamanya, Hitori Gotoh, merasa nggak berdaya. Dia selalu menganggap dirinya nggak punya kemampuan apa-apa sehingga nggak punya masa depan yang cerah.

Tetapi dia berhasil menemukan inspirasi yang menjadi motivasinya untuk berubah. Jadi, kamu akan melihat bagaimana Bocchi mengalahkan rasa insecure setelah menemukan motivasinya.

Blue Period - Tentang Mempercayai Diri Sendiri

blue-period

Merasa nggak punya tujuan dan nggak bisa mewujudkan mimpi adalah dua hal yang banyak dirasakan manusia berusia 18 sampai 20an. Nah, Blue Period bisa mengemas problem ini dengan apik dan epik dari perspektif siswa SMA bernama Yatora Yaguchi.

Sepanjang hidupnya, Yaguchi hanya tahu cara untuk menjadi “people pleaser”. Dia bisa dengan mudah berbaur dalam circle baru saking sudah profesionalnya. Namun akibatnya, dia juga nggak tahu apa tujuan hidupnya sendiri.

Yaguchi baru menemukan tujuan hidup itu di tahun terakhir masa-masa SMA. Secara impulsif, dia ingin menjadi seorang pelukis ketika melihat lukisan kakak kelasnya. Terdengar songong dan nggak tahu diri, tapi buat Yaguchi ini lebih baik daripada nggak sama sekali.

Karena telat start, dia harus berlari super cepat demi mengejar orang lain. Apalagi Yaguchi ingin masuk ke Jurusan Seni Universitas Tokyo yang super ketat. Setiap tahun ajaran baru, mereka hanya menerima 1 dari 200 orang calon mahasiswa baru.

Dengan cerita seperti ini, Blue Period termasuk anime motivasi yang mengajarkan tentang percaya pada diri sendiri dan pantang menyerah. Yang lebih menarik lagi, kamu juga bisa melihat bagaimana Yaguchi mengalahkan pikiran negatif yang jadi musuh utamanya.

Haikyuu - Tentang Cita-cita dan Mimpi

haikyuu

Anime voli yang satu ini udah nggak perlu diragukan lagi kualitas dan keseruannya. Selama apapun waktu yang harus kita habiskan, kita akan tetap menonton sequel baru dari animenya tanpa melupakan ceritanya sama sekali.

Tetapi Haikyuu bukan sekadar tontonan bagus yang seru karena masih ada banyak hal lain di dalamnya. Salah satunya adalah motivasi tentang mengejar mimpi dan cita-cita, sekalipun semua orang di sekitarmu meragukannya.

Setiap orang punya mimpi yang besar, tapi nggak semua punya sumber daya yang mendukung untuk mewujudkannya. Bagi orang-orang seperti ini, pintu keluar menuju kehidupan biasa saja yang tenang selalu terbuka lebar.

Kalau kamu benar-benar ingin terus berjalan maju, tonton anime ini setiap kamu merasa lelah. Sebab menonton perjuangan Hinata mengalahkan tantangan yang ada di depannya terbukti bisa memberikan suntikan motivasi.

Assassination Classroom - Tentang Memahami Orang Lain

assassination-classroom

Masa muda, masa yang berapi-api. Begitu kata Bang Rhoma. Saking semangatnya, anak muda kerap merasa jadi pusat alam semesta. Pokoknya yang paling penting adalah dia sendiri, orang lain cuma jadi NPC yang numpang doang.

Perasaan seperti ini nggak baik dan harus dihilangkan secepat mungkin. Nah, Assassination Classroom jadi anime yang tepat untuk mempelajari caranya. Di sini, kamu akan melihat bagaimana Koro-sensei mengajarkan pentingnya memahami orang-orang di sekitarmu.

Nggak cuma itu saja, makhluk mirip gurita dan berwarna kuning ini juga menunjukkan bahwa kamu harus percaya dengan potensi diri sendiri, lalu mengembangkannya. Sebab hanya dengan begitu kamu akan menjadi manusia yang utuh.

Sakura Quest - Tentang Mengubah Kesalahan Menjadi Keunggulan

sakura-quest

Dalam hidup, kamu pasti melakukan kesalahan, bisa besar atau kecil. Maka dari itu, kamu butuh mental yang kuat supaya bisa belajar dari kesalahan tanpa meratapi nasib atau menyalahkan diri sendiri terlalu lama.

Sakura Quest, menurut saya, cocok dijadikan tontonan untuk kamu yang sulit move on setelah melakukan kesalahan. Cerita Yoshino, Shiori, Maki, Ririko, and Sanae berusaha mengembangkan kota Manoyama dipenuhi kegagalan, tetapi mereka nggak mau menyerah.

Sebaliknya, mereka terus belajar dan menutupi kekurangan-kekurangan yang ada sampai menemukan satu formula paling tepat. Dari anime ini, ada pelajaran bahwa sebesar apapun kesalahan yang kamu lakukan hidup akan tetap berjalan. Jadi jangan terpuruk terlalu lama, karena ada masa depan yang menanti.

Yuru Camp - Tentang Pergi Keluar dan Menikmati Alam

yuru-camp

Diam di rumah memang menyenangkan, tapi mengeksplor dunia luar jauh lebih asik. Begini kira-kira kesan yang saya dapatkan setelah menamatkan Yuru Camp, sebuah anime dengan tema camping. Dan saya bukan satu-satunya orang yang merasa seperti ini.

Di Jepang sana, jumlah wisatawan yang datang ke sektor pariwisata Yamanashi—tempat yang jadi latar belakang cerita Yuru Camp—meningkat sebesar 17.2% atau sekitar 5.530.000 orang. Yuru Camp tayang di tahun 2018 dan jumlah yang datang pada tahun ini ada 37.690.000. Artinya, tahun 2017, angkanya berhenti di 32.160.000 orang.

Data ini sudah lebih dari cukup untuk membuktikan bahwa Yuru Camp berhasil memotivasi jutaan orang untuk pergi bertualang ke luar rumah. Jadi kalau kamu sudah bete diem di rumah terus atau pengin camping tapi masih ragu, coba nonton anime ini. Insyaallah semangat adventure-nya bakal nular.

Barakamon - Tentang Menemukan Jati Diri

barakamon

Barakamon jadi salah satu daftar anime comedy yang akan selalu saya promosikan ke orang lain. Soalnya anime ini nggak cuma lucu, tetapi bisa menyuntikan motivasi pada mereka yang sulit menemukan jati diri.

Perjuangan Handa-Sensei, seorang kaligrafer muda terkenal di Jepang, merombak kepribadiannya di desa Nanatsuke dipenuhi dengan pelajaran berharga. Hebatnya lagi, semua itu disampaikan hanya dalam 12 episode saja.

Bayangkan, kamu bisa belajar apa arti bakat, bagaimana cara menemukan sesuatu yang bisa digapai, keseruan mencoba hal yang terlihat tidak mungkin, makna dibalik sebuah inspirasi, hingga pentingnya mempunyai keberanian untuk mengambil langkah pertama menuju ke mimpi yang kamu punya.

Kalau kamu merasa lelah dan nggak punya motivasi sampai kehilangan semangat hidup, coba luangkan waktu sekitar 6 sampai 8 jam untuk maraton nonton anime ini. Setelah selesai, kamu akan merasa siap melangkah lebih jauh lagi.



Rachmawati, Alisa Nur, and Didit Dwi Subagio. (2023) "PENGARUH ANIME YURU CAMP TERHADAP PARIWISATA PERFEKTUR YAMANASHI."

Content Writer, Penjaga Toko Buku Daring, Wibu Full Time.