Punya banyak website dan blog tapi nggak punya waktu buat bikin artikelnya? Sini, biar saya bantu

90 Rekomendasi Anime Terbaik Dari Berbagai Genre yang Seru dan Wajib Kamu Tonton!

Mau nonton anime tapi bingung milih judulnya? Yuk pilih salah satu dari list rekomendasi anime terbaik di sini. Dijamin seru, deh!
rekomendasi_anime_terbaik

Dari dulu saya selalu pengen bikin list rekomendasi anime terbaik yang harus ditonton banyak orang. Sayangnya nggak pernah jadi karena jumlahnya terlalu banyak–lebih dari 50–dan kalau ditulis pasti bikin bosen.

Akan tetapi, saya juga sadar kalau hampir semua anime lovers butuh rekomendasi tontonan yang seru. Bukan karena mereka nggak bisa nyari sendiri, melainkan butuh waktu lama buat menemukan anime yang sesuai harapan.

For for your information, ada 18 genre anime dengan total 37.000 judul yang sudah rilis sampai bulan Desember 2023. Kita nggak gabut-gabut banget kan sampai maksa nonton semua judul tersebut terus bikin daftar rekomendasi anime terbaik?

Jadi bisa dibilang cara paling efektif untuk menemukan tontonan baru yang seru dan sesuai harapan adalah dengan saling berbagi rekomendasi anime antara anime lovers. Lagipula sekarang sudah banyak media yang bisa mengakomodir hal ini.

Daftar Anime Terbaik Berdasarkan Genre-nya

Kalau dilihat dari hasil pencarian google, orang-orang merekomendasikan tontonan favoritnya dengan berbagai cara. Ada yang berdasarkan genre, emosi yang dirasakan saat menonton, atau kelebihan dan kekurangan anime-nya.

Buat saya, cara yang lebih tepat adalah dengan menggunakan genre. Sebab genre punya cakupan yang luas namun ciri khas nya tetap sama. Jadi kemungkinan besar, emosi yang dirasakan saat menonton juga nggak beda jauh.

Nah dalam artikel ini, saya menuliskan apa saja anime terbaik yang pernah saya tonton, jadi sifatnya subjektif. Kalau judul yang menurut kamu seru nggak masuk dalam daftar ini, bukan berarti nggak layak masuk, ya. Bisa jadi karena saya memang nggak nonton anime tersebut.

With that being said, inilah rekomendasi anime terbaik berdasarkan genre pilihan saya yang bisa kamu jadikan referensi kalau mau.

Daftar Isi

Rekomendasi Anime Action Terbaik

anime_action

Anime action identik dengan konflik dan juga pertempuran antara tokoh utama dengan musuhnya. Biasanya konflik ini muncul karena si tokoh utama ingin melindungi sesuatu yang berharga buat dirinya. Seperti ideologi, pilihan hidup, dirinya sendiri, keluarga, dan lain-lain.

Konflik di anime action kebanyakan berupa pertarungan fisik seperti adu pedang, tembak-tembakan, adu jotos, hingga adu kekuatan misterius. Makanya, jangan heran kalau kamu banyak menemukan karakter yang overpower dan juga unsur-unsur fantasy di dalamnya.

1. Akame Ga Kill
akame_ga_kill

Cerita anime ini dimulai saat Tatsumi–si anak kampung–pergi ke ibukota untuk mengadu nasib. Di ibukota dia bertemu dengan Akame dan kelompok pembunuh rahasia “Night Raid”. Night Raid ini adalah bagian dari kelompok revolusioner yang ingin menggulingkan raja dan perdana menteri yang kejam sekaligus korup.

Tatsumi, bersama dengan Akame dan anggota Night Raid lainnya bertarung melawan pasukan kerajaan menggunakan senjata spesial yang disebut “Teigu”. Kamu akan diajak mengikuti perjuangan Tatsumi dan kawan-kawan sejak awal sampai akhir dalam 24 episode.

Kalau kamu tanya “apa yang paling berkesan dari Akame Ga Kill?” buat saya, pengambilan point of view (POV) yang brengsek betul.

Begini, karena judulnya “Akame Ga Kill” saya pikir anime ini bakal fokus menceritakan Akame, tokoh utama cewek yang pernah menjadi mesin pembunuh lalu tobat dan bergabung dengan organisasi revolusioner.

Ternyata dari awal sampai akhir ceritanya lebih fokus ke Tatsumi, tokoh utama cowok, seorang anak dari kampung yang pergi ke kota demi mengadu nasib dan membantu orang-orang di desanya.

Untungnya, ada banyak konflik yang muncul di anime ini jadi alur ceritanya nggak monoton. Belum lagi unsur supernatural dan politik sebagai pemanisnya. Kalau ditelaah lebih jauh, isu yang diangkat pun lumayan berat.

2. Attack on Titan
attack_on_titan

Ceritanya fokus pada Eren Yeager, Mikasa Ackerman, dan Armin Arlert yang hidup di balik tembok raksasa. Tembok ini sengaja dibangun untuk melindungi umat manusia dari serangan Titan “raksasa” yang berbahaya.

Suatu ketika, tembok tersebut jebol dan mengundang masuk titan yang berkeliaran di luar. Keluarga Eren, Mikasa, dan Armin mati dimakan titan. Setelah itu mereka masuk ke pasukan pembunuh titan demi membalaskan dendam.

Siapa sangka, keputusan ini justru mengantarkan mereka kepada rahasia terbesar umat manusia yang nggak pernah terbongkar selama ratusan tahun. Dan mereka bertiga lah yang menentukan masa depan manusia.

Di Attack on TItan kamu bisa melihat pertarungan manusia vs titan dan manusia vs manusia demi mempertahankan hidup serta ideologinya. Banyak intrik yang muncul, belum lagi pengkhianatan dan kehilangan.

Singkatnya, kamu butuh memori dan mental yang kuat agar bisa mengikuti seluruh cerita Attack on Titan.

3. Bungou Stray Dogs Series
bungou_stray_dogs

Anime ini menceritakan tentang “perang dingin” agensi detektif dengan kelompok mafia. Masing-masing kubu punya anggota yang dianugerahi kekuatan supranatural dan intelegensi tinggi.

Di tengah perang dingin tersebut, muncul pihak-pihak lain yang ingin mengganggu kehidupan manusia di kota tempat kedua organisasi ini menjalankan aktivitasnya. Agensi detektif dan kelompok mafia kemudian berusaha melindungi kota yang mereka cintai dengan caranya masing-masing.

Kamu suka cerita misteri tapi nggak mau yang terlalu berat? Well, Bungou Stray Dogs bisa jadi pilihan tepat. Meski lebih banyak action-nya namun cerita misterinya masih bisa dinikmati, kok. Bahkan ada beberapa arc yang bikin saya kebingungan menebak pelaku utamanya siapa.

Fun fact: Mayoritas nama tokoh di anime ini diambil dari nama sastrawan Jepang terkenal. Jadi kalau kamu suka baca buku sastra Jepang–khususnya klasik–pasti nggak asing lagi sama nama tokohnya. Ada Osamu Dazai, Ryunosuke Akutagawa, hingga Edogawa Ranpo.

4. Demon Slayer
demon_slayer

Kamado Tanjiro, bocah malang yang kehilangan keluarganya–kecuali Nezuko, adik perempuan yang paling besar–bergabung dengan pasukan pembasmi iblis. Bukan, tujuannya bukan buat balas dendam, melainkan untuk mencari obat yang bisa mengubah Nezuko kembali menjadi manusia setelah serangan iblis di rumahnya.

Seiring berjalannya waktu, petualangan ini mengantarkan Tanjiro pada takdir besar yang sudah menunggunya. Nah, bisakah dia memikul takdir besar tersebut?

Sejak pertama kali muncul di tahun 2019 kemarin, saya langsung suka sama Demon Slayer. Alasannya cukup banyak, pertama karena ada Nezuko yang lucu dan menggemaskan. Lalu visualnya juga memanjakan mata. Yang ketiga, konflik antara kelompok pembasmi iblis dengan iblis sangat jauh dari kata membosankan.

5. Chainsaw Man
chainsaw_man

Chainsaw Man menceritakan tentang Denzi, remaja miskin di Jepang yang harus hidup dengan menjadi pemburu iblis demi melunasi utang-utang ayahnya. Bersama dengan iblis gergaji yang dia temukan sejak kecil, Denji melewati hari-harinya sebagai pemburu iblis sampai dewasa.

Sialnya, dia dibunuh oleh Yakuza secara mengerikan, namun berkat teman iblisnya dia bisa selamat dari maut. Akan tetapi, setelah tragedi itu, Denji berubah menjadi manusia iblis gergaji besi alias Chainsaw Man.

Waktu manga Chainsaw Man chapter pertama rilis, saya sempat berpikir ini akan jadi serial yang menarik. Meski saat itu saya nggak lanjut membaca manganya karena mau ditabung biar banyak dulu, daripada harus ngikutin tiap minggu, kadang suka lupa.

Lama-lama kok jadi lupa beneran wkwkwk hingga akhirnya bulan Oktober 2022 kemarin, animenya muncul. Otomatis saya langsung excited buat nonton tiap episodenya dooong.

Untungnya, anime ini digarap dengan sangat serius oleh MAPPA sehingga menjadi salah satu rekomendasi anime musim gugur terbaik 2022 lalu. Selain visualisasi yang bagus, ceritanya juga seru, kok. Apalagi momen “gore” nya bisa disajikan dengan pas, nggak bikin mual tapi nggak bikin nanggung juga.

6. Enen no Shouboutai
enen_no_shouboutai

Ceritanya terjadi setelah kondisi bumi berubah gara-gara ada The Great Disaster. Di masa ini, ada satu fenomena misterius di mana manusia bisa berubah jadi kobaran api hidup yang berbahaya. Tapi ada juga manusia yang bisa mengontrol api aneh itu jadi kekuatan yang berguna.

Nah, buat mengatasi ancaman makhluk aneh itu, dibentuklah semacam pasukan pemadam kebakaran bernama Fire Force. Anggotanya terdiri dari manusia yang bisa ngontrol api tadi.

Shinra Kusakabe, tokoh utama kita, harus kehilangan anggota keluarganya yang mati karena ulah makhluk api aneh. Demi membalaskan dendam, dia bergabung dengan pasukan Fire Force karena Shinra memang punya kekuatan spesial.

Enen no Shouboutai ini berhasil membawa pekerjaan pemadam kebakaran ke tingkat yang lebih jauh lagi. Petugas damkar di anime ini nggak cuma mencari kucing yang hilang atau memadamkan kebakaran di rumah-rumah warga.

Lebih dari itu, Shinra–si tokoh utama–harus berusaha menghadapi musuh-musuhnya dan konflik internal yang terjadi di divisi pemadam kebakaran. Di saat yang sama, dia juga berusaha mencari tahu kebenaran di balik fenomena aneh yang membuatnya jadi seorang yatim piatu.

Jujur, saya lebih menikmati pengembangan cerita dan karakter daripada gelutnya. Soalnya Enen no Shouboutai nggak terlalu banyak menampilkan scene gelut, jadi terasa kurang menarik.

Rekomendasi Anime Adventure Terbaik

anime_adventure

Anime adventure menurut saya lebih fokus menunjukan perjalanan tokoh utama dalam mencapai tujuannya. Entah itu bertemu dengan teman lama, kembali ke dunia asalnya, mencari kebenaran, atau mencari jati dirinya sendiri.

Saat menonton anime adventure, kamu harus siap dengan jumlah episode yang banyak. Kalau ceritanya selesai dalam 12 episode, cerita yang disajikan biasanya cukup padat.

Yang paling saya suka dari genre ini adalah ketika tokoh utama bertemu dengan musuh-musuh kuat, menjelajah tempat-tempat baru sambil menemukan kekuatan dan kelemahannya sendiri–tentu dengan kesulitannya masing-masing.

7. Nanatsu No Taizai
nanatsu_no_taizai

Nanatsu no Taizai atau The Seven Deadly Sins ini menceritakan petualangan Elizabeth mencari anggota “Tujuh Dosa Besar” yang sempat menjadi pahlawan di negaranya sendiri. Suatu waktu mereka dituduh melakukan kejahatan luar biasa dan dipaksa untuk bubar.

Selepas kepergian mereka, kondisi kerajaan makin nggak terkendali. Ayah Elizabeth–yang merupakan raja di negeri tersebut–terancam nyawanya dan Elizabeth tahu, hanya “Tujuh Dosa Besar” yang bisa mencegah tragedi itu.

Dia lalu bertemu Meliodas, komandan “Tujuh Dosa Besar” sekaligus yang terkuat diantara yang anggota lainnya. Dari sini, petualangan mereka berdua terus berlanjut sampai mereka menemukan kebenaran di balik takdir yang menyatukan mereka berdua.

Dari segi cerita, Nanatsu No Taizai termasuk anime yang nggak bikin kita penasaran dan nunggu lama karena sekarang–kalau nggak salah–udah tamat. Ditambah lagi, banyak tokoh overpower yang kekuatannya benar-benar nggak masuk akal.

Sisipan unsur komedi sama Echi-nya pas, nggak lebay dan nggak garing juga. Kekurangannya mungkin episode-nya udah lumayan banyak ya, jadi kamu butuh waktu cukup lama kalau mau ngikutin perjalanan Elizabeth sama Meliodas sampai selesai.

8. Sousou no Frieren
sousou_no_friefen

Sousou no Frieren menceritakan bagaimana perjalanan Frieren–mantan anggota kelompok hero–setelah mengalahkan raja iblis dan membuat dunia menjadi damai. Oya, kalau kamu mencari scene gelut yang luar biasa di anime ini, siap-siap kecewa ya.

Soalnya di sini nggak terlalu banyak scene gelutnya, tapi setiap scene digarap secara apik oleh studio Madhouse. Jadi nggak akan terasa membosankan.

Bicara tentang anime adventure, sulit rasanya lepas dari setting fantasy dan kehidupan manusia di abad pertengahan. Persis seperti apa yang sering muncul dalam anime bertema hero dan teman-temannya.

Saking seringnya setting ini digunakan, saya sampai muak menonton cerita bertema hero. Di tengah kemuakan ini, muncul Sousou no Frieren. Ibarat oase, perjalanan Frieren dan kawan-kawan menjadi penyegar di tengah kemuakan yang saya rasakan pada genre adventure.

Sejak membaca manga-nya, saya selalu ingin cerita yang satu ini diadaptasi menjadi manga karena membawa sesuatu yang baru. Dan benar saja, ketika anime-nya rilis, Frieren terasa spesial.

Pengambilan point of view dari karakter elf yang berumur panjang dan setting cerita ketika dunia sudah damai, sedikit banyak menjadi keunikan tersendiri. Mayoritas anime adventure yang pernah saya tonton hanya fokus menceritakan bagaimana tokoh hero dan kawan-kawannya mengembalikan kedamaian dunia.

Nggak ada penjelasan seperti apa kehidupan manusia setelah raja iblis kalah. Padahal sumber masalah nggak cuma bangsa iblis saja, banyak kok manusia yang bisa bikin masalah lebih hebat dari iblis.

9. Vinland Saga
vinland_saga

Vinland Saga fokus menceritakan tentang Thorfinn, anak seorang prajurit perang luar biasa kuat. Dia bergabung dengan kelompok pembunuh ayahnya demi membalas dendam. Di saat yang sama, Thorfinn mencari kebedaran tentang suatu wilayah yang subur dan damai bernama Vinland.

Nah kamu bakal mengikuti petualangan Thorfinn menemukan wilayah ini, tentu saja dengan ups and downs nya.

Yang saya suka dari Vinland Saga adalah visual pertempurannya bukan kaleng-kaleng namun nggak lebay juga, masih aman buat ditonton, lah. Ada cipratan darah, sabetan pedang, pukulan kampak, dan adegan kekerasan yang biasa ada di cerita berlatar abad pertengahan.

Dan kalau kamu mau usaha sedikit, kamu bisa menemukan beberapa nilai sejarah dalam anime ini. Meski nggak semuanya benar, sih, tapi lumayan lah buat menambah pengetahuan.

10. Dororo
dororo

Dororo adalah nama seorang anak kecil yang bertemu dan berpetualang bersama manusia aneh bernama Hyakkimaru. Hyakkimaru harus hidup tersiksa karena dia menjadi tumbal ayahnya sendiri yang ambisius.

Akibat keserakahan ayahnya, Hyakkimaru lahir tanpa tangan, kaki, organ dalam, mata, dan nggak bisa merasakan sakit sama sekali. Anime ini menceritakan perjalanan Hyakkimaru membunuh 12 iblis untuk merebut kembali semua bagian tubuhnya.

Buat saya Dororo adalah anime adventure, action, drama, martial arts yang bakal bikin emosi naik turun terus selama menontonnya! Akan ada saatnya kamu merasa sebel, sedih, marah, jengkel, dan takut.

Dan ada satu scene pertempuran yang sering masuk ke dalam “daftar pertempuran anime paling epik” yang biasa kamu lihat di Youtube. Udah nggak usah mikir dua kali, langsung tonton anime ini sampai habis weekend nanti, ya.

11. Goblin Slayer
goblin_slayer

Mengambil latar di dunia fantasi, Goblin Slayer menceritakan tentang seorang pemuda yang punya satu tujuan: membasmi semua goblin. Yup, kalau di anime lain goblin cuma jadi musuh pertama protagonis, di sini makhluk hijau bertubuh kerdil dibikin jadi vilain utama.

Orcbolg, tokoh utamanya, nggak pernah mau mengambil quest lain. Pokoknya wajib berhubungan sama goblin. Mau sebiji, dua biji, sekelompok, dua kelompok, bahkan goblin stampede pun dihajar. Nah, bisakah protagonis kita menyelesaikan misinya?

Kalau kamu sering nonton anime yang mengambil tema RPG, pasti nggak asing lagi dengan istilah guild, goblin, adventure, ranking, elf, priestess, dan sebagainya. Biasanya tema ini dipakai di anime isekai atau fantasi, seperti Goblin Slayer ini.

White Fox studio memberikan visual yang memukau untuk setiap karakter di Goblin Slayer. Kamu mungkin bakal suka melihat elf, priestess, guild resepsionis yang cantik-cantik

Sayangnya, kesan “gore” nya nggak terlalu wah karena mungkin biar masih bisa tayang ya. Soalnya kalau dibikin mirip manga, pasti nggak lolos sensor sih. Kalau lolos pun, banyak yang di sensor.

Meski begitu, vibe gore nya masih terasa, kok. Kalau kamu nggak kuat liat darah, rape, dan semacamnya, saran saya mending skip deh.

12. Saihate no Paladin
saihate_no_paladin

William, harus berlatih bersama 3 mayat hidup yang merawatnya sejak kecil. Sayangnya karena suatu alasan, ketiga “orang tuanya” harus lenyap. Akhirnya William memutuskan untuk memulai perjalanan mencari jati dirinya.

Saihate no Paladin, the isekai that doesn’t very isekai-sh. Seriusan, meski tokoh utamanya lahir ke dunia baru tapi dia nggak tiba-tiba jadi kuat karena cheat skill atau yang lainnya.

Makanya, di anime yang menceritakan perjalanan William menemukan jati dirinya sendiri ini, kamu bisa menikmati pengembangan karakter yang cukup baik.

13. Hell's Paradise
hell_paradise

Cerita Hell’s Paradise dimulai dengan pertemuan antara Gabimaru, ninja paling kuat di desanya, dan seorang algojo bernama Sagiri Asaemon. Gabimaru yang mendapatkan hukuman mati nggak kunjung menemui ajalnya karena tubuh miliknya terlalu kuat.

Sagiri kemudian menyadari bahwa Gabimaru sebenarnya punya keinginan untuk melanjutkan hidup bersama istri tercintanya. Mengetahui hal ini, Sagiri memberikan penawaran sekali seumur hidup.

Sagiri meminta Gabimaru untuk mencari ramuan keabadian yang, menurut mitos, berada di sebuah wilayah misteris bernama Shinsenkyo. Jika berhasil, Gabimaru akan mendapatkan kebebasannya kembali.

Dengan keinginan melanjutkan hidup bersama istrinya, Gabimaru menerima tawaran tersebut. Setelah itu, dimulailah cerita petualangan Gabimaru menjalankan misi pamungkasnya.

Hell’s Paradise sukses menggabungkan unsur fantasi yang gelap, action, dan adventure dengan baik. Kamu akan menyaksikan tontonan yang menegangkan sekaligus menyeramkan karena banyak adegan berbau “gore” di sini.


Rekomendasi Anime Comedy terbaik

anime_comedy

Anime comedy cuma punya satu tujuan: bikin kamu ketawa. Caranya bisa lewat komedi satir, parodi, tingkah laku karakter yang kocak, dagelan, atau hal-hal absurd. Menariknya, unsur comedy dalam anime tuh jarang banget berdiri sendiri, pasti ada unsur lain yang menambah kelucuannya.

Misalnya comedy dicampur sama supernatural, comedy-slice of life, comedy-misteri, isekai-comedy, macem-macem deh. Dalam titik tertentu, kombinasi dua genre seperti ini berhasil menghasilkan anime yang seru sekaligus lucu. Nah, dari banyak judul yang pernah saya tonton, berikut yang paling lucu dan bisa bikin saya ketawa ngakak:

14. Ansatsu Kyoushitsu (Assassination Classroom)
ansatsu_kyoushitsu

Premis dari anime ini bercerita tentang makhluk misterius super kuat yang mengubah bentuk bulan dari bulat sempurna jadi sabit. Penduduk bumi jelas panik dan mencari tahu cara melawannya.

Tapi makhluk ini justru bikin satu penawaran: dia akan menyerahkan diri, tapi sebelum itu dia pengin menjadi guru wali kelas 3-E di SMP Kunugigaoka. Sebagai gantinya, dia mempersilakan para murid kelas 3-E untuk mencoba membunuhnya dengan cara apapun selama satu tahun ke depan.

Dari sini dimulailah kisah makhluk misterius super kuat yang dipanggil Koro-sensei mengajar kelas 3-E, kelas “buangan” di SMP Kunugigaoka

Ansatsu Kyoushitsu a.k.a Assassination Classroom atau sering saya sebut Koro-sensei pasti akan selalu masuk daftar rekomendasi anime comedy terbaik versi saya sendiri. Soalnya gimana ya, ini tuh tipe anime yang nggak bakal bosen meski ditonton ulang puluhan kali–asal dikasih jeda.

On serious note, saya pikir Koro-sensei adalah representasi dari sosok guru paling ideal yang mampu mendidik sekaligus mencerdaskan semua muridnya.

Di sisi lain, ini juga menunjukkan bahwa untuk menjadi guru yang ideal butuh seorang manusia super yang bisa gerak cepat, hafal semua pelajaran, bisa menjadi teman, orang tua, sekaligus sahabat murid-muridnya.

Koro-sensei dibuat menjadi guru konyol tapi peduli pada setiap muridnya. Jadi kamu pasti akan menemukan humor-humor khas sekolah di sini. Yang lebih seru lagi, action dan character development-nya tuh pas.

Bahkan butuh hampir dua season untuk menunjukkan perkembangan setiap muridnya. Tapi tenang saja, kamu nggak akan merasa bosan meski maraton 48 episode sekaligus dalam satu hari. Saya jamin.

OH IYA, ENDING NYA EPIC BANGET!

15. Spy X Family
spy_x_family

Loid Forger, seorang mata-mata kelas kakap suatu hari mendapatkan misi super rahasia dengan tingkat kesulitan SSS. Kesuksesan misi ini akan menentukan apakah dunia akan masuk ke perang selanjutnya atau tidak.

Setelah dipikirkan secara matang, Loid memutuskan untuk mengadopsi Anya, anak yang memiliki kekuatan telepati, untuk kemudian memasukkannya ke sekolah elit tempat berkumpulnya anak-anak para elit politik.

Tujuan akhirnya adalah untuk menjalin hubungan dengan salah satu elit politik lewat anaknya. Tanpa sepengetahuan Loid, Anya ternyata bisa membaca pikiran orang lain. Disisi lain, dia juga menjalin hubungan “kawin kontrak” dengan Yor Biar, seorang Pegawai Negeri Sipil sekaligus pembunuh bayaran paling terkenal di kotanya.

Mereka bertiga menyembunyikan jati diri masing-masing dan kerap menimbulkan kesalahpahaman dalam kehidupan sehari-hari. Nah, bagaimana kira-kira kehidupan keluarga Forger? Langsung saja tonton animenya!

Well well well harus apalagi ya…bingung juga karena anime ini bagus banget, apalagi Anya yang bikin saya rajin nonton anime lagi. Nggak berlebihan rasanya kalau saya bilang Spy x Family jadi salah satu juara series anime generasi 2020 ke sini.

Premis perang dingin yang diambil dari sudut pandang anak kecil, mata-mata, sama pembunuh bayaran terasa “fresh” banget. Anime slice of life plus komedi yang pas, nggak lebay, dan nggak berat juga. Tipe-tipe yang cocok buat tayang di tv nasional.

16. Komi-san wa, Komyushou desu
komi_cant_communcate

Komi, si tokoh utama, primadona sekolah super cantik, otomatis banyak murid yang pengin dekat dengannya. Masalahnya, Komi punya gangguan komunikasi yang bikin dia sulit bersosialisasi.

Meski begitu, Komi masih punya mimpi buat berteman dengan 100 orang selama di sekolahnya. Dibantu oleh Hitohito Tadano, bisakah Komi mewujudkan mimpinya?

Komi-san wa, Komyushou desu alias Komi can’t communicate adalah anime yang ringan banget. Di tiap episode ada sekitar 3 “momen” yang diceritakan dan nggak ada satupun momen yang terasa boring.

Anime ini baru keluar 2 season dengan pace yang lambat, karena memang lebih fokus menceritakan momen antara Komi dan teman-teman barunya. Kalau kamu lagi gabut dan nggak tahu mau ngapain, tonton anime ini deh. Insyaallah, gabutmu bakal hilang dan kamu bakal suka sama Komi-san hehehe

17. Grand Blue Dreaming
grand_blue

Ceritanya tentang Iori Kitahara yang pindah ke rumah pamannya saat masuk kuliah. Awalnya dia berharap punya kehidupan seperti mahasiswa normal pada umumnya. Tapi siapa sangka di rumah pamannya dia justru bertemu dengan ekstrakurikuler (Unit Kegiatan Mahasiswa) selam yang anggotanya brengsek semua.

Anime comedy paling parah, rusak, kocak, pecah abis!!! Mulai dari versi manga sampai anime, setiap ekspresi karakter, bercandaannya, emosinya terasa banget! Saya nggak pernah berhenti ketawa ngakak tiap nonton anime ini. Nggak peduli mau rewatch berapa puluh kali pun, masih tetep kocak.

Yang menarik dari Grand Blue ini bukan alur cerita atau romantisnya, tapi justru komedinya. Bayangkan kamu berada di circle yang bisa nerima kamu apa adanya dan masing-masing orang di circle tersebut suka bercanda. They don’t think sweat the small stuff dan yaudah pokoknya kalian menikmati masa muda bareng-bareng.

Buat saya anime ini seperti “mendobrak” budaya Jepang–yang sering muncul di anime slice of life–di mana meski sudah berteman lama tapi masih menjaga sopan santun. Pertemanannya kayak yang nggak lepas aja gitu. Masih kagok sana-sini.

Nah, di Grand Blue ini kamu akan melihat jokes-jokes khas tongkrongan yang melewati batas tapi kocak abis.

18. Barakamon
barakamon

Barakamon menceritakan kehidupan seorang penulis kaligrafi tradisional Jepang, Seishuu Handa yang karirnya stuck. Dia disuruh pindah ke pulau Goto yang ada di pedesaan Jepang oleh ayahnya agar bisa (((berintrospeksi diri))) dan mendapatkan kembali kemampuan menulisnya.

Dalam bayangannya, Pulau Goto adalah tempat yang tenang nan damai di mana dia bisa fokus membuat karya tanpa gangguan sedikitpun. Sayang, bayangan ini sirna setelah Handa-sensei bertemu dengan Naru Kotoshi, bocah desa supel dan cerewet tiada dua.

Yang saya suka dari anime ini adalah interaksi antara Handa dan Naru yang mirip seperti di kehidupan nyata. Naru si supel, cerewet, dan polos nggak pernah berhenti mengganggu Handa. Handa sendiri nggak bisa apa-apa, seemosi apapun dia, Handa nggak pernah bisa mengusir Naru dari rumahnya.

Oh iya, ini jenis anime yang vibe-nya hangat, ringan, dan bisa kamu nikmati di saat libur. Bisa bareng pacar, teman, sendirian, atau bareng keluarga. Dah pokoknya nonton aja deh. Pasti bakalan suka!

19. Dekiru Neko wa Kyou mo Yuuutsu
dekiru_nako_wa_kyou_mo_yuuutsu

Di satu malam yang melelahkan selepas pulang dari kantor, Saku Fukuzawa menemukan seekor kucing kecil berwarna hitam. Merasa kasihan, dia membawa pulang kucing tersebut dan memberinya nama Yukichi.

Tiga tahun berlalu, secara mengejutkan Yukichi tumbuh menjadi kucing yang abnormal. Tubuhnya lebih besar dari manusia, berjalan dengan dua kaki, dan yang paling aneh, ahli mengerjakan pekerjaan rumah.

Semenjak itu, hubungan antara Saku dan Yukichi berubah drastis hingga ke tingkat yang sulit dipahami.

“Kucing adalah rumah.” Ini kesan yang saya dapatkan saat menonton The Masterful Cat Is Depressed Again Today. Soalnya setiap sekeras apapun masalah hidup yang dihadapi Saku, akan hilang setelah dia tiba di rumah.

Buat kamu yang sedang berjuang hidup dari gajian ke gajian, anime ini bisa jadi obat healing yang cukup efektif. Namun hati-hati, kemungkinan besar kamu jadi pengin melihara kucing setelah menyelesaikan semua episodenya.

20. Buddy Daddies
buddy_daddies

Rei dan Kazuki, 2 pembunuh bayaran yang terpaksa menjadi ayah angkat bagi Miri, putri dari target mereka. Miri kecil percaya bahwa Kazuki adalah ayahnya yang asli sehingga dia nggak mau pergi dari rumah barunya.

Oleh karena itu mau nggak mau, Kazuki dan Rei harus merawat Miri sambil tetap menjalankan profesi mereka. Mulai dari mengantar Miri ke sekolah, mengawasi Miri saat bertamasya ke kebun binatang, hingga merawat Miri saat sakit.

Setiap hari, ada saja masalah yang berkaitan dengan Miri hingga mengganggu pekerjaan mereka. Suatu hari Kazuki dan Rei terjebak dalam pilihan sulit: tetap menjadi pembunuh bayaran tanpa Miri atau “resign” dan menjalani hidup normal bersama anak angkat mereka.

Secara premis, Buddy Daddies sangat mirip dengan Spy X Family. Meski begitu, anime ini punya keunikan tersendiri yang membuatnya pantas menjadi salah satu anime terbaik tahun 2023.


Rekomendasi Anime Ecchi Terbaik

anime_ecchi

Ecchi, genre yang kadang dihujat kadang disukai. Mungkin gara-gara banyak judul lebih fokus menonjolkan hasrat seksual karakter cowoknya, oppai, dan bagian tubuh lain dari karakter ceweknya.

Nggak bisa dimungkiri, banyak banget anime ecchi seperti itu yang melupakan aspek-aspek lainnya. Jadi ya cuma bisa dinikmati oleh mereka yang memang nafsu birahinya cukup tinggi. Alhamdulillah, masih ada dua judul yang bisa selamat dari penilaian negatif saya, yaitu:

21. Shokugeki no Soma
shokugeki_no_soma

Ceritanya tentang Soma Yukihira, seorang anak rumah makan kecil yang disuruh masuk ke sekolah khusus memasak oleh ayahnya. Di lingkungan tempat tinggalnya, kemampuan memasak Soma selalu mendapatkan pujian.

Akan tetapi, saat masuk ke sekolah khusus masak, Soma hanya siswa biasa yang kemampuannya masih kalah jauh dibanding murid lainnya. Apalagi dari anggota “Sepuluh Elit Totsuki Academy”

Nah, apakah Soma bisa bertahan sampai lulus dan mengalahkan semua anggota “Sepuluh Elit Totsuki Academy”? Tonton langsung anime-nya, ya! Udah tamat kok. hehehe

Kalau kamu pernah baca manga atau nonton anime Kungfu Master Boy, pasti suka sama Shokugeki no Souma karena keduanya mirip banget. Bedanya, yang pertama mengambil latar China zaman dulu sedangkan yang kedua latarnya sekolah modern (mungkin semacam smk khusus masak ya kalau di Indonesia).

Selain itu, Shokugeki no Souma unsur Ecchi-nya menonjol banget dan kadang lebay. Tapi jujur sih, visual karakter sama jalan ceritanya nggak bisa dianggap remeh.

22. High School DXD
high_school_dxd

Bercerita tentang Issei Hyoudou, remaja mesum yang hidup damai. Namun suatu hari dia terbunuh saat kencan dengan pacarnya. Siapa sangka, Issei justru dihidupkan kembali oleh Rias Gremory, seorang iblis wanita berambut merah. Setelah itu, Issei harus hidup sebagai pelayannya Rias.

High School DxD, anime super Ecchi yang menyuguhkan oppai di mana-mana. Wkwkwk Meski Ecchi-nya kental banget, tapi menurut saya ceritanya masih lumayan bisa dinikmati, kok. Apalagi ini ada unsur mecha dan supernaturalnya.


Rekomendasi Anime Fantasy Terbaik

anime_fantasy

Anime Fantasi biasanya dipenuhi dengan mitologi, legenda-legenda, atau hal-hal lain yang nggak ada di dunia nyata. Kebanyakan mengambil tema bumi zaman dulu di mana teknologi belum terlalu maju atau post-apocalypse–tapi ada juga yang menjadikan era teknologi sebagai latarnya.

Karena bumi sudah nggak layak ditinggali, maka setiap karakternya pasti punya kekuatan sihir atau kemampuan luar biasa yang di luar akal sehat. Ada juga yang menambahkan makhluk-makhluk aneh.

Jadi jangan heran kalau mayoritas anime fantasy lebih dikenal sebagai anime “overpower”, “supernatural”, atau “magic”. Well, nggak salah tapi kurang tepat aja, sih.

23. Plunderer
plundere

Alkisah, di sebuah negara bernama Alcia, kehidupan manusia ditentukan oleh angka-angka alias “Count” pada tubuhnya. Angka-angka ini menentukan status sosial dan kekuatan pemiliknya. Siapapun yang angkanya berubah menjadi 0 akan langsung dibuang ke tempat paling mengerikan di dunia yang disebut “The Abyss”.

Nah hitungan angka ini bisa disesuaikan dengan kerjaan orangnya apa. Misalnya seperti tokoh utamanya, Hina yang seorang traveler, angkanya dihitung berdasarkan jarak yang sudah ditempuh.

Suatu hari Hina melihat ibunya dibuang ke Abyss dan saat itu ibunya meminta Hina mencari seorang pahlawan perang yang ditandai dengan “bintang putih” pada hitungan angkanya. Di tengah perjalanan, Hina bertemu dengan Licht Bach, pria bertopeng misterius dengan “Count” yang negatif.

Dari sini mulailah petualangan Hina, Licht, dan kawan-kawannya membuka rahasia besar di balik dunia yang mereka tempati sekarang.

Plunderer baru tayang satu season doang dan ceritanya cukup nanggung, apalagi kalau dibandingkan dengan manganya. Wah masih jauh banget. Tapi kalau anime ini ada lanjutannya atau kamu menganggapnya sebagai pengenal, rasanya pas sih.

Cuma ya begitu, kalau mau seru kamu harus lanjut baca manga-nya atau sabar nungguin ada season 2 yang nggak tahu kapan keluar.

24. Black Clover
black_clover

Asta dan Yuno adalah dua orang anak yatim piatu yang tumbuh bersama di sebuah panti asuhan. Meski begitu, keduanya memiliki bakat yang jauh berbeda.

Yuno,si jangkung dan tinggi, sangat berbakat dalam sihir. Sebaliknya, Asta justru nggak punya kekuatan sihir sama sekali. Untuk menutupi kekurangannya, Asta melatih kekuatan fisiknya hingga melebihi batas normal.

Setelah memasuki usia dewasa (sekitar 15 tahun) Asta dan Yuno sama-sama mengikuti seleksi ksatria sihir di ibukota kerajaan. Keduanya berhasil lolos walau berada di kelompok sihir yang berbeda.

Berbekal semangat masa muda yang membara, Asta dan Yuno sepakat melakukan kompetisi. Siapapun yang bisa menjadi Kaisar Sihir lebih dulu layak menyandang gelar pemenang.

Kamu suka nonton Naruto dan Sasuke? Insyaallah kamu bakalan suka juga sama Black Clover soalnya dari premis aja udah mirip. Ada dua orang anak, yang satu si prodigy yang satu lagi si nggak ada bakat sama sekali. Mereka sama-sama punya mimpi menjadi penyihir paling hebat yang disebut Kaisar Sihir.

Jujur aja ya, saya cuma ngikutin Black Clover sampai si Asta latihan sama iblisnya, setelah itu nggak tahu gimana lagi ceritanya. Mengapa bisa begitu? Karena saya bosan sama premis yang mirip Naruto tadi.

Ditambah lagi, menurut saya gelut sama komedinya B aja. Nggak terlalu spesial, padahal kalau dibikin wah mirip Demon Slayer Season 3, kayaknya bakal seru. Tapi gatau sekarang gimana. Mungkin nanti saya bakal nonton ulang lagi.

25. Fate Stay Night
fate_stay_night

Menceritakan tentang perang besar suci antara tujuh “master” yang dibantu oleh roh pahlawan kuat sebagai “pelayan” nya. Pada perang besar suci yang kelima, Rin Toosaka bersama pelayannya, Archer, ikut berpartisipasi demi mewujudkan impiannya.

Siapa sangka salah satu teman sekelasnya, Shirou Emiya, secara nggak sengaja masuk menjadi “master dan dibantu oleh pelayannya, Saber. Karena Shirou masih newbie dan Rin merasa harus membantunya, mereka membentuk aliansi sementara untuk mengalahkan musuh-musuhnya yang lain.

Kamu suka sama anime yang gelutnya flashy, adu kekuatan supranatural, ada ledakan-ledakannya tapi gak sekali pukul langsung mati? Trilogy Fate Stay Night jawabannya.

Di sini ada pendekar pedang, archer, penyihir, ahli bela diri, assassin, dan ahli tombak. Mereka bertarung satu sama lain demi mewujudkan keinginannya. Meski begitu, ceritanya nggak terlalu complicated dan wah.

However, the animation does its job to make this series gorgeous, fantastic, flashy, and worth watching.

26. The God of High School
the_god_of_high_school

Kejuaraan beladiri “God of High School” digelar kembali untuk mencari petarung paling kuat di antara murid-murid SMA yang ada di Korea. Di kejuaraan ini, peserta boleh menggunakan beladiri, senjata, dan strategi apa saja untuk meraih kemenangan dan mewujudkan impiannya.

Jin Mo-Ri, seorang master Taekwondo ikut berpartisipasi di turnamen ini bersama dengan temannya yang jago Karate, Han Dae-Wi, dan pendekar pedang wanita Yu Mi-ra. Ternyata di balik kejuaraan ini ada rahasia tersembunyi yang melibatkan politisi Korea, Park Mu-Jin.

Buat saya, The God of High School adalah versi lain dari Fate Stay Night. Yup, visual gelut di anime ini satisfying banget. padahal GOH lebih fokus pada pertarungan bela diri. Namun saya pikir justru ini yang jadi kelebihan GOH.

Coba bayangkan kamu melihat turnamen bela diri yang diikuti oleh master Taekwondo, Karate, Kungfu, Samurai, dan yang lainnya. Ditambah lagi, masing-masing punya semacam “siluman”. Setiap siluman diambil dari berbagai makhluk mitologi dan legenda. Ada Odin, Sun Go Kong, rubah ekor 9, God of war, dan masih banyak lagi.

27. Shangri-La Frontier
shangri_la_frontier

Shangri-La Frontier bercerita tentang Sunraku, seorang maniac game yang hobi memainkan game-game sampah. Suatu hari, dia merasa jenuh dan ingin mencoba game baru. Ketika datang ke toko game favoritnya, pemilik toko menawarkan game super populer bernama Shangri-La Frontier.

Didorong oleh rasa penasaran, Sunraku menyetujui saran dari pemilik toko. Dia pun resmi menjadi salah satu pemain game populer, seperti kebanyakan anak seusianya. Dari sini, petualangan Sunraku di dunia Shangri-La Frontier pun dimulai.

Kalau kamu menganggap Sword Art Online sebagai anime yang bagus, maka kamu wajib menonton anime ini. Soalnya baik SAO maupun SLF sama-sama mengambil setting dalam dunia game.

Hanya saja, menurut saya, Shangri-La Frontier punya alur cerita yang lebih menarik dan perkembangan karakter yang lebih realistis. Tenang saja, pace ceritanya berjalan cukup cepat jadi kamu nggak akan merasa bosan saat mengikuti petualangan Sunraku.

28. Dead Mount Death Play
dead_mount_death_play

Dead Mount Death Play dimulai dengan scene perang antara manusia melawan penyihir super kuat di dimensi lain. Ketika perang pecah, penyihir tersebut berhasil dikalahkan oleh pahlawan dari pihak manusia.

Tepat sebelum ajal menjemput, si penyihir merapalkan mantra reinkarnasi. Jiwanya “terbang” ke Jepang, kemudian masuk ke dalam tubuh seorang remaja bernama Shinoyama Polka.

Premis reverse isekai sebenarnya bukan hal yang baru-baru amat. Namun jika ditonton setelah mengkonsumsi puluhan genre isekai, rasanya cukup menyegarkan juga. Ditambah lagi, Dead Mount Death Play punya keunikan tersendiri.

Lewat perspektif Polka yang “baru” kita bisa melihat bagaimana sisi gelap kehidupan di Tokyo. Sentuhan magic di dalamnya menambah keseruan ke tingkat yang cukup tinggi.

Keinginan untuk hidup tenang yang rusak gara-gara sebuah insiden pun mampu membuat mata menatap layar lebih lama. So, siapkan waktu dan cemilan karena anime ini tayang dalam 24 episode yang padat.


Rekomendasi Anime Horor Terbaik

anime_horor

Anime horor ini kadang-kadang sulit dibedakan dengan anime misteri, soalnya mereka sama-sama mengajak penonton “masuk” ke cerita dan dunianya.

Misal anggaplah ceritanya di sekolah, tokoh utamanya sering dirundung, dan teman-temannya cuek abis. Nah, kita pasti akan melihat perundungan yang dialami si tokoh utama dari awal sampai akhir, dari yang cuma “dikatain” sampai dipukul atau in worst case turn into suicide action. Tentunya semua diperlihatkan secara perlahan-lahan.

Bedanya, di anime horor ada rahasia yang dibikin menggantung alias nggak diungkapkan sama sekali. Ditambah musik, suara-suara, atau visual yang bikin kita nggak nyaman dan pada titik tertentu bahkan nggak mau lanjut nonton lagi.

Nah di sini saya sudah menyiapkan beberapa anime horor yang aman dan ceritanya masih bisa dinikmati sampai akhir.

29. Kiseijuu: Sei no Kakuritsu
parasyte

Nggak ada angin, nggak ada hujan, alien parasit muncul di bumi dan menginvasi kehidupan manusia secara sembunyi-bunyi dengan mengontrol otak manusia yang terpilih. Akibatnya, manusia yang diambil alih jadi punya kemampuan superhuman dan bisa berubah menjadi mesin pembunuh untuk mencari mangsa.

Shinichi Izumi, seorang siswa SMA berusia 16 tahun menjadi salah satu manusia terpilih, namun si alien gagal mengambil alih otaknya dan malah terperangkap di tangan kanannya Izumi. Nggak punya pilihan lain, si alien akhirnya mengandalkan Izumi agar bisa tetap bertahan hidup.

Mereka berdua harus bertahan sekuat tenaga dari serangan alien lain yang ingin memusnahkan mereka.

Banyak anime atau film yang mengambil tema manusia dirasuki virus atau alien atau hal misterius lain lalu berubah menjadi manusia baru, Parasyte jadi salah satu yang terbaik menurut saya.

Premis Parasyte kurang lebih mirip seperti Spiderman cuma ini dibawa ke tingkat lebih lanjut lagi karena villain-nya nggak cuma satu dan banyak pembunuhan terjadi. Perkembangan karakter tokoh utama dari denial sampai menerima kenyataan seru buat diikuti.

Sayangnya visualnya nggak sebagus anime khas 2020-an. Meski begitu, masih enak dilihat kok, hanya saja menurut saya kalau dibikin mirip Summertime Rendering sepertinya bakal lebih mantap lagi.

30. Another
another

Tahun 1972, peristiwa mengerikan terjadi di kelas 3-3 SMP Yomiyama, saat itu seorang siswa populer bernama Misaki tiba-tiba meninggal dunia dan peristiwa ini terus menghantui kelas 3-3.

26 tahun berlalu, Kouichi Sakakibara pindah dari Tokyo ke kelas misterius ini. Dia yang murid pindahan merasa ada sesuatu yang disembunyikan darinya. Apalagi melihat Mei Misaki, teman perempuan yang seperti “ghaib”

Awalnya Mei menghindari Kouichi, tapi lama kelamaan mereka menjadi teman yang lumayan akrab. Dan di sinilah keanehannya dimulai…

Another adalah anime horor yang selalu saya rekomendasikan kepada siapapun karena memang bagus banget nget nget. Kenapa bisa bagus banget?

Pertama, ceritanya disusun dengan amat sangat rapi. Mulai dari pengenalan konflik, klimaks, sampai tahap penyelesaian atau penjelasan. Semua saling berkaitan dan nggak ada lubang sama sekali.

Bahkan saking rapinya, 12 episode pun cukup buat meng-cover ketiga aspek tadi dan saya pikir nggak perlu ada sequel-nya juga. Di akhir semua jadi clear, nggak ada yang bikin bingung.

Kedua, suaranya bikin vibe horor keluar. Yang ketiga, animasinya cakep meskipun anime ini tayang di tahun 2012–yang tren nya masih gitu-gitu aja. Keempat setiap karakter yang muncul tuh ada gunanya gitu, nggak sebatas nongol terus dilupakan begitu saja.

Terakhir tentu saja misterinya dapet banget. Saya nggak pernah berhenti menebak-nebak mana siapa yang jadi “another” nya ya? Siapa yang bakal mati ya? lalu siapa biang keladinya. Tapi sampai akhir nggak ada satupun tebakan yang benar. wkwkwk

In a nutshell, Another bagi saya adalah anime horor yang terasa horor bukan karena ada pembunuhan atau darah di mana-mana. Bahkan menurut saya, ini kalau diangkat ke layar lebar pasti bisa menyamai kualitas horor Indonesia–minimal efek yang dirasakan penonton sama.

31. Ousama Game
ousama_game

Kanazawa Nobuaki harus pindah sekolah yang baru setelah terjadi insiden di sekolah lamanya. Karena insiden ini, Nobuaki nggak mau punya hubungan dekat dengan teman-teman barunya. Namun saat festival olahraga, dia nggak bisa menahan keinginannya yang kemudian memicu tragedi paling mengerikan sepanjang sejarah sekolah tersebut.

Buat saya ini adalah anime yang terasa horor karena banyak darah dan brutal abis. Jadi deg-degan nya bukan karena cerita yang misterius, tapi takut gimana tokoh berikutnya bakal mati. Kalau kamu nggak kuat liat darah, mending jangan nonton anime ini.

Menurut saya, Ousama Game cuma bisa dinikmati sama mereka yang nggak terlalu peduli pada detail-detail kecil. Ya tipikal penonton yang ngikutin tokoh utamanya banget. Kalau terlalu fokus ke detail, kamu mungkin nggak akan nonton sampai tamat.

Soalnya this series feels suck if you look into some details. Pertama, setting nya mengambil tempat di sekolah, tapi tiap ada murid yang mati pihak sekolah diem aja udah. Keluarga tiap murid juga sama. Jadi ya udah ini mah kayak 32 remaja vs kekuatan misterius yang menyerang mereka.

Kedua, katanya asal mula Ousama Game itu dari virus, tapi yang terjangkit cuma satu kelas doang. Padahal logikanya, di sekolah mobilitas murid pasti nggak terbatas dong. Apalagi satu kelas isinya 32 orang, harusnya sih satu sekolah yang kena teror.

32. Dark Gathering
dark_gathering

Ceritanya dimulai saat Keitarou Gentouga masuk ke universitas. Keitarou yang sebelumnya sempat sulit bersosialisasi karena trauma, sekarang memulai kembali kehidupan sosialnya.

Dengan bantuan dari sahabat baiknya, Eiko Houzuki, dia melamar kerja menjadi seorang guru les. Murid pertama Keitarou bernama Yayoi Houzuki dan dia adalah keponakan sahabat baik Keitarou.

Berbeda dari anak kecil lainnya, Yayoi dianugerahi dengan kekuatan supernatural yang membuatnya bisa melihat alam roh. Siapa sangka, Yayoi berencana menggunakan kekuatannya untuk membalas dendam pada roh super kuat yang telah menculik arwah almarhumah ibunya.

Bersama Keitarou dan Eiko, Yayoi mengumpulkan roh-roh kuat demi membentuk pasukannya sendiri. Akankah Keitarou dan Eiko kuat menemani Yayoi sampai akhir sambil berusaha melepaskan diri dari trauma masa kecil yang mereka rasakan?

Dark Gathering baru rilis di bulan Juli 2023 dan masuk dalam Summer Anime karena itu anime ini cocok jadi pelepas rindu pada genre horor. Setelah dikepung oleh genre isekai, action, adventure, dan slice of life selama beberapa tahun.

Terlepas dari waktu rilisnya, Dark Gathering bagi saya sudah memenuhi kriteria tontonan bernuansa “horor.” Setan-setan yang muncul terlihat seram dan ini patut diapresiasi karena perlu diingat Dark Gathering adalah film animasi.

Walau premis ceritanya sederhana, tetapi saya bisa merasa deg-degan dan takut ketika Yayoi, Eiko, dan Keitarou berhadapan dengan setan yang macam-macam jenisnya.

33. Zom 100: Zombie ni Naru made ni Shitai 100 no Koto
zom_100_bucket_list

Zom 100 mengenalkan kita pada cerita ketika bumi hancur akibat virus zombie. Akira Tendou, seorang budak korporat yang hidup untuk bekerja berada dalam keadaan depresi akut. Dia nggak bisa lagi membedakan mana kenyataan dan mana khayalan.

Depresi ini muncul setelah kehidupannya direnggut oleh perusahaan toxic. Sebesar apapun keinginannya untuk resign, nggak ada keberanian untuk mewujudkannya.

Suatu hari, Akira terbangun di pagi hari dan mendapati dunia sudah dipenuhi oleh zombie. Berbeda dengan orang kebanyakan, Akira merasa wabah virus mematikan ini sebagai hari kemerdekaannya dari perusahaan toxic.

Untuk merayakan hari kemerdekaan tersebut, dia pun membuat daftar “100 hal yang perlu dilakukan sebelum menjadi zombie.” Nah anime ini mengajak kita untuk menyaksikan perjalanan akira menyelesaikan daftar tersebut.

Awalnya saya ingin memasukkan Zom 100 ke dalam genre comedy karena banyak adegan lucu yang bisa ditemukan dalam anime ini. Tapi setelah dipikir ulang, setting zombie yang mengambil point of view dari budak korporat jauh lebih menarik daripada komedinya.

Coba bayangkan, jika kamu seorang sandwich generation yang bekerja di perusahaan toxic tanpa kesempatan buat resign. Mungkin butuh keajaiban untuk keluar dari lingkaran setan ini. Dalam kehidupan Akira, keajaiban itu muncul dalam bentuk yang paling absurd: wabah zombie!


Rekomendasi Anime Isekai Terbaik

anime_isekai

Isekai, genre escapism favorit banyak orang yang menggunakan premis utama reinkarnasi, dipindahkan, atau terjebak di “dunia lain”. Dunia lain di sini bentuknya bermacam-macam, mulai dari game, dunia khayalan, parallel universe, atau di masa depan.

Selain itu ada juga genre lain yang menceritakan makhluk dimensi lain pindah ke bumi, yaitu reverse isekai. Tapi di sini saya mau bahas yang pertama doang, isekai pada umumnya yang mungkin bikin halu penontonnya.

34. Overlord
overlord

Suatu hari, Momonga, terjebak dalam game MMORPG favoritnya karena dia tetap login saat game tersebut dimatikan oleh pengembangnya. Akhirnya dia terjebak di dunia yang disebut Yggdrasil bersama NPC (Non Player Character) yang loyal padanya.

Dengan kekuatan dan guild yang sudah dia bangun bersama teman-teman gamer sebelumnya, Momonga mencoba menaklukan dunia untuk mengejar kemungkinan ada player lain yang terjebak di dalam game seperti dirinya.

Overlord adalah jenis isekai yang tokoh utamanya masuk ke dalam game. Dari premis, sebenarnya Overlord ini biasa saja, malah cenderung mainstream.

Begitu pun sisi superpower-nya yang buat saya terlihat biasa saja. Artinya, nggak ada scene pertarungan heboh seperti scene Tengen vs Gyutaro di Demon Slayer.

Lalu menariknya di mana, dong? Well buat saya, visualnya ciamik dan karakter tokohnya lumayan menarik, sih. Ceritanya memang biasa saja, tapi visualnya cukup bisa dinikmati meskipun nggak “wah” banget.

Terus karakternya lumayan unik, si tokoh utama a.k.a Ainz Oal Gown, overpower tapi dia terlalu jago memimpin. Tapi anak buahnya pinter-pinter, jadi banyak miskomunikasi yang–somehow–selalu berakhir dengan baik.

35. Tate no Yuusha no Nariagari
tate_no_yuusha_no_nariagari

Naofumi Iwatani, seorang Otaku yang menghabiskan waktunya untuk bermain game dan membaca manga, tiba-tiba dipanggil ke dunia lain bersama tiga orang lainnya untuk menjadi (((heroes))). Masing-masing diberikan senjata legendaris agar bisa menyelesaikan tugas menyelamatkan dunia dari kehancuran.

Naofumi mendapatkan senjata “shield” dan dipanggil sebagai Shield Hero. Dia dianggap sebagai hero paling lemah diantara yang lainnya. Sejak itu, dia mengalami penderitaan dan pengkhianatan yang membawanya pada jurang kemiskinan. Bisakah Naofumi menyelamatkan dunia dengan kemampuannya yang “lemah” ini?

Tate no Yuusha no Nariagari a.k.a The Rising of the Shield Hero, menurut saya, tipe isekai yang tokoh utamanya merupakan jelmaan dari filosofi “penyerangan terbaik adalah bertahan”

Soalnya nggak seperti isekai pada umumnya, si tokoh utama diberi kekuatan pertahanan super kuat dengan senjata “shield” spesialnya.

Di episode-episode awal, vibe dark, edgy, dan depressing-nya sangat terasa sekali. Cuma sayang, makin kesini, plot nya justru sangat klise. Apalagi unsur harem-nya kental banget dan ternyata kekuatan “shield” si tokoh utama nggak terlalu bagus juga.

Di luar itu, visual animasinya cukup memukau dan enjoyable, apalagi ini ada sedikit unsur gore. Ya lumayan lah jadi poin plus karena lumayan terasa real. Jadi kekuatan si tokoh utamanya tuh keliatan asli, nggak sekali hit musuh langsung lenyap. Overall, not bad but maybe some of you might think this series sucks.

36. Tensei Shitara Slime Datta Ken
tensei_shitara_slime_datta_ken

Satoru Mikami, jomblo akut berusia 37 tahun, terjebak dalam pekerjaan dan kehidupan yang membosankan. Suatu hari dia meninggal saat menyelamatkan rekan kerjanya dan bereinkarnasi ke dunia lain sebagai slime!

Mikami a.k.a Rimuru menjalani kehidupan barunya dengan bahagia bersama teman-teman sesama monster yang dia temui. Siapa sangka, eksistensinya justru akan membawa perubahan pada dunia tempat dia hidup sekarang.

Rimuru dkk ini kayaknya nggak bakal saya lupain, deh. Soalnya That Time I Got Reincarnated as a Slime, pernah menemani saya saat lagi burnout sama kerjaan di ibukota dulu. Selain itu, tentu saja karena ceritanya yang memang pantas buat diikuti.

Meski premisnya nggak berbeda jauh dengan Re: Monster dan Isekai Nonbiri Nouka, tapi menurut saya pengembangan plot sama karakternya masih lebih bagus Rimuru. Ditambah lagi, di sini ada konflik horizontal yang seru.

Somehow saya melihat ada sedikit sentuhan drama di sini, takarannya pas banget lagi. Nggak lebay tapi nggak kurang juga. Misalnya saat Rimuru berevolusi dengan membunuh puluhan ribu prajurit kerajaan musuh, saya ikut merasakan vibe frustasi dan sedihnya.

Dengan cerita yang sudah cukup jauh, saya juga nggak sabar melihat apakah Rimuru bisa jadi lebih kuat lagi~

37. Kumo Desu ga, Nani ka?
komo_desu_ga_nani_ka

MSeorang siswi SMA tiba-tiba bereinkarnasi menjadi monster laba-laba di dunia fantasi. Sialnya, dia terbangun di dalam dungeon yang dipenuhi oleh monster jahat dan kuat. Bermodalkan pengetahuan sebagai manusia dan semangat positif super besar, dia terus berusaha bertahan hidup dengan mengalahkan semua monster yang ditemuinya.

Mirip seperti Tensei Shitara Slime Datta Ken, tokoh utama dalam anime ini bereinkarnasi menjadi monster laba-laba overpower yang nggak terlalu peduli dengan kehidupan orang atau makhluk lain.

Dari segi cerita sebenarnya Kumo Desu ga, Nani ka? nggak semenarik Rimuru, tapi menurut saya plot nya ditulis dengan baik. Meskipun rahasia dibalik fenomena reinkarnasinya nggak terlalu rapi, tapi overall anime ini masih bisa dinikmati.

Menurut saya So I'm a Spider, So What? adalah jenis anime yang balance. Lucunya, weird-nya, gelutnya, pokoknya semuanya pas. Nggak berlebihan. Makanya mungkin sebagian dari kamu akan menganggapnya biasa saja. Hehehe

38. Kage no Jitsuryoku Ha ni Naritakute!
kage_no_jitsuryoku_ha_ni_naritakute

Pahlawan baik dan penjahat kejam adalah tipe karakter impian banyak orang, tapi Cid Kagenou sedikit berbeda. Dia justru ingin menjadi seorang “dalang” yang mengendalikan semuanya dari balik layar dengan akal bulusnya sendiri.

Sayangnya, dia kesulitan mewujudkan impiannya karena lingkungan yang memang nggak mendukung. Tapi setelah bereinkarnasi ke dunia sihir, dia bertekad sekuat tenaga untuk menjadi penguasa di balik bayangan yang sesungguhnya.

Hal pertama yang bikin saya tertarik dari anime ini adalah judul bahasa inggris nya The Eminence in Shadow, beuh kesan nya tuh kayak bakal seru aja gitu. Hehehe. Pas baca sinopsisnya, eh makin penasaran, kan. Yaudah akhirnya nonton deh episode pertamanya.

Oh iya, ini anime isekai yang belum saya baca manga-nya, benar-benar nggak tahu apa-apa banget. Jadi pas nonton episode pertamanya wow berkesan sekali.

Dibanding opening anime isekai pada umumnya–yang MC langsung tiba-tiba mati di 10 menit pertama–Eminence in Shadow justru mulai dengan vibe anime romantis. Selain itu, protagonis nya bukan seorang NEET atau manusia yang hidup enggan mati tak mau.

Ditambah lagi dengan scene gelut di pertengahan episode yang bikin saya percaya kalau anime ini bukan isekai pada umumnya. Jadi, kalau kamu sudah bosan dengan premis klise ala isekai yang gitu-gitu aja, coba nonton The Eminence in shadow, deh.

39. Tensei shitara Ken Deshita
tensei_shitara_ken_deshita

Fran, seorang gadis kecil berusaha kabur dari mafia perdagangan manusia. Di tengah perjuangannya, dia bertemu dengan sebuah pedang misterius yang bisa bicara. Dibantu oleh pedang misterius tersebut, Fran berhasil melepaskan diri dari ancaman perbudakan.

Namun dia punya satu mimpi yang hampir mustahil diwujudkan. Bersama-sama, mereka berdua–Fran dan si pedang sakti–berusaha mewujudkan mimpi tersebut.

My super long awaited manga story is finally being adapted to anime! Fran-chan dan Shishou–seorang reincarnator memulai petualangan mereka berdua. Sama seperti The Eminence in Shadow, yang saya sukai dari anime ini adalah plot ceritanya yang beda dari isekai pada umumnya.

Si protagonis, bereinkarnasi jadi sebuah pedang lalu bertemu dengan manusia kucing yang menemaninya berpetualang di dunia baru. Dengan begini, saya nggak “dipaksa” ngikutin cerita si reincarnator yang seringkali annoying.

Sebaliknya, saya justru bisa fokus melihat perkembangan Fran-chan yang merupakan makhluk “asli” dunia lain tadi.

40. No Game No Life
no_game_no_life

Sora dan Shiro adalah dua kakak-beradik yang tidak punya kehidupan alias NEET. Setiap hari mereka hanya duduk di depan komputer untuk bermain game. Tapi jangan salah, kemampuan mereka nggak terkalahkan sama sekali.

Suatu hari, mereka mendapatkan tantangan bermain catur dari seorang yang nggak dikenal. Setelah memenangkan pertandingan, tiba-tiba Sora dan Shiro dibawa ke dunia lain di mana game menjadi penentu kehidupan seseorang dan negara.

Yup, Sora dan Shiro dipindahkan ke dunia yang penuh dengan game dan harus menyelamatkan negara manusia dari kehancuran. Mereka diminta memanfaatkan bakat dan kepintaran bermain game untuk mengalahkan negara-negara lainnya.

No Game No Life adalah anime isekai dengan konsep yang berbeda. Di sini kamu nggak akan menemukan tokoh utama yang tiba-tiba punya kekuatan magic luar biasa lalu diberi tugas mengalahkan raja iblis.

Plot yang berbeda ini dibuat menjadi lebih menarik dengan sedikit tambahan komedi dan plot twist di setiap episodenya. Meski begitu, secara garis besar, anime ini menceritakan perjalanan Sora dan Shiro mengalahkan lawan-lawannya.

41. Tondemo Skill de Isekai Hourou Meshi
tondemo_skill_de_isekai_hourou_meshi

Kehidupan Muhkoda yang biasa saja mendadak berubah setelah dia ikut terbawa dalam proses pemanggilan pahlawan dari dunia lain oleh Kerajaan Reijseger. Bersama tiga orang anak SMA, Muhkoda mendapatkan skill spesial untuk mengalahkan Raja Iblis.

Sungguh sial, Raja Reijseger menganggap skill “Online Shopping” milik Muhkoda nggak berguna sama sekali. Melihat situasi yang nggak mendukung, plus feeling yang jelek, pekerja kantoran berusia 27 tahun itu memilih pergi dan menjadi warga biasa.

Nggak mau diam terlalu lama di kerajaan Reijseger, Muhkoda segera pergi ke negara lain setelah keluar dari istana. Bersama dengan pengawal pribadi yang dia sewa dari guild adventure, dia menjelajahi dunia baru.

Di tengah perjalanan, Muhkoda menyiapkan makanan dari Jepang untuk pengawal pribadinya. Saat menikmati santapan khas negaranya inilah Muhkoda bertemu dengan Fenrir, makhluk mitologi legendaris super kuat.

Kalau dibandingkan dengan anime isekai lainnya, Campfire Cooking in Another World with My Absurd Skill pace nya jauuuuh lebih santai. Tipikal tontonan keluarga di hari minggu banget deh.

Namun justru inilah yang bikin animenya menarik untuk ditonton. Kamu nggak perlu mikir soal plot twist, character development, atau tetek bengek lainnya. Cukup nikmati setiap momen yang disuguhkan di layar sambil menyaksikan visual masakan yang ciamik!


Rekomendasi Anime Mistery Terbaik

anime_mistery

Misteri anime lebih fokus ke pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab dan bagaimana usaha si protagonis untuk mencari jawabannya. Keseruan genre ini ada pada karakter protagonis yang nggak pernah menyerah buat mencari jawaban. Nggak peduli mau ngadepin maut, kejadian-kejadian aneh, harus mengorek masa lalu atau identitas seseorang.

42. Summer Time Rendering
summer_time_rendering

Sejak kematian kedua orang tuanya, Shinpei Ajiro tinggal di rumah keluarga Kofune yang mempunyai dua anak perempuan, Ushio dan Mio. Shinpei lalu pindah ke Tokyo untuk melanjutkan pendidikannya. Suatu hari dia balik setelah mendengar kabar kepergian Ushio saat menyelamatkan seorang anak kecil yang tenggelam.

Saat upacara pemakaman, sahabat baiknya mengatakan bahwa di sekitar leher Ushio ada bekas cekikan dan ada kemungkinan Ushio jadi korban pembunuhan.

Shinpei lalu mencoba menyelidiki apa yang terjadi namun tiba-tiba kejadian aneh yang berhubungan dengan legenda “shadow” mulai muncul dan Shinpei harus berurusan dengan legenda tersebut untuk menemukan jawaban yang dia cari.

Summer time rendering adalah anime misteri yang saya tonton pelan-pelan banget karena memang sejak awal pengin dinikmatin.

Biasanya kalau ada anime yang sudah tamat, saya pasti maraton langsung 25 episode biar nggak nanggung plus nggak penasaran.

Nah, anime ini saya tonton satu-dua episode per hari atau per dua hari.

Alhamdulillah ternyata keputusan ini nggak salah. Saya jadi lebih paham ceritanya, masih dapet penasarannya juga, dan yang paling penting deg-degan nya terasa betul. Ya meskipun nggak bisa dipungkiri, rasa penasarannya cukup kuat dan saya hampir mau maraton. Wkwkwk

Overall, saya suka anime ini. Misterinya bagus, plot twist nya menarik, dan ceritanya cukup rumit tapi masih bisa diikuti dengan baik. Hanya saja, banyak adegan pembunuhan dan darah, jadi kalau kamu nggak kuat liat darah mending skip aja deh.

43. Boku dake ga Inai Machi
erased

Satoru Fujinuma, seorang pengantar pizza cum penulis manga memiliki kekuatan aneh yang memungkinkannya untuk kembali beberapa menit sebelum sebuah kecelakaan terjadi. Dia menyebutnya sebagai “Revival” dan memanfaatkan kemampuan ini untuk menyelamatkan nyawa banyak orang.

Suatu hari, ibunya terbunuh di rumahnya sendiri dan Satoru dikirim kembali ke 18 tahun yang lalu, di mana terjadi pembunuhan berantai tiga orang anak kecil. Satoru kemudian menyadari bahwa dia somehow dibawa ke akar dari kasus pembunuhan ibunya dan menjadi kesempatan baginya untuk menyelamatkan semua orang.

Erased termasuk anime misteri yang sukses bikin saya menebak siapa pelaku utama yang membuat cerita ini muncul. Jadi meski hanya 12 episode, anime ini berhasil memainkan psikologis saya yang memang mudah terpancing. Wkwkwk

Di sisi lain ceritanya digarap dengan baik, meski dari segi visual nggak bagus banget. Namun Erased cukup kental dengan isu kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), kesepian, dan gangguan mental. Untungnya di sini nggak banyak cipratan darah seperti Summer time rendering.

Kamu juga bisa menikmati ceritanya tanpa harus menebak siapa pelaku utama seperti yang saya lakukan. Dengan begitu, kamu bisa fokus memerhatikan detail cerita dan karakter yang ada pada setiap episode nya.

44. Zankyou no Terror
zankyou_no_terror

Satu-satunya yang tersisa dari penyerangan teroris di fasilitas nuklir milik Jepang adalah 3 kata V-O-N ditulis dengan warna merah. Pemerintah Jepang nggak bisa berkutik, polisi kebingungan, publik bahkan nggak tahu apa-apa.

Enam bulan kemudian, sebuah video aneh muncul di internet. Dalam video tersebut ada dua orang remaja yang menyebut diri mereka sebagai “Sphinx”. Mereka menantang polisi untuk memecahkan teka-teki dan menemukan bom yang mereka pasang di suatu tempat.

Polisi kemudian menunjuk seorang detektif, Kenjirou Shibazaki, memecahkan setiap teka-teki yang dikirim oleh “Sphinx” tadi.

Kalau mengingat tahun rilis Zankyou no Terror, rasanya saya mau sungkem sama studio MAPPA. Soalnya visual anime yang satu ini benar-benar menakjubkan sampai ke detail-detail kecil pun kelihatan jelas. Macam reruntuhan gedung, kain yang meleleh karena api, dan sebagainya.

Di luar itu, unsur misterinya sangat bisa dinikmati karena bukan misteri yang bikin kita menebak-nebak, tapi lebih ke penasaran apa yang sebenarnya terjadi di masa lalu.

Menariknya lagi, yang fokus pada misteri bukan tokoh utamanya tapi side character dengan role detektif. Jadi kamu akan diajak menelusuri fragment-fragment fakta yang tersembunyi secara pelan tapi pasti. 5 thumbs up deh buat Shinichiro Watanabe dan kawan-kawan.

45. Hyouka
hyouka

Houtarou Oreki, seorang siswa yang punya prinsip “cuma mau gerak kalau memang wajib” dan “lakukan sesuatu dengan biasa saja”, terpaksa bergabung dengan ekstrakurikuler Sastra Jepang klasik untuk menuruti permintaan kakak perempuannya.

Sesuai dengan prinsipnya, di awal bergabung Oreki hanya punya tujuan membuat Ekskul sastra tetap eksis. Sialnya, dia justru harus mengeluarkan energi yang lebih besar berkat kehadiran Eru Chitanda, siswa manis yang sering penasaran dengan berbagai hal.

Dari sini lah, Oreki perlahan-lahan menunjukkan keahliannya untuk mengungkap berbagai misteri dengan informasi yang terbatas. Dia juga terjebak oleh karakter Chitanda yang selalu penasaran.

Hyouka termasuk anime misteri ringan yang bisa kamu tonton sambil lalu. Maksudnya Kamu gak perlu mikir banyak untuk menebak-nebak jawaban dari setiap misteri yang dibutuhkan.

Cukup nonton, nikmati ceritanya, lalu lupakan. Wkwkwk nggak deng. Ya intinya anime misteri yang satu ini bisa dijadikan hiburan kalau kamu lagi bosan.

Dengan latar belakang ekstrakurikuler sastra klasik Jepang di sekolah, tentunya Hyouka kental akan kehidupan siswa-siswi imut. Yang lebih menarik lagi, misteri yang diceritakan tuh berkaitan dengan keseharian aja gitu. Nggak ada pembunuhan atau pencurian luar biasa.

Hyouka adalah anime yang menunjukkan bahwa kehidupan yang normal pun dipenuhi misteri-misteri kecil. Baik misteri soal keluarga, film dokumenter yang dibuat siswa, atau cerita hantu.


Rekomendasi Anime Romance Terbaik

anime_romance

Anime romantis fokus menunjukkan dinamika berbagai jenis percintaan. Mulai dari cinta monyet anak sekolah, cinta segitiga antara teman dekat, atau sahabat jadi cinta, dan masih banyak lagi. Karena itu juga, saat menonton anime ini kamu akan merasakan berbagai emosi.

46. Clannad dan Clannad: After Story
clannad

Clannad mengisahkan tentang Tomoya Okazaki, murid SMA yang dianggap sebagai berandalan karena sering bolos. Okazaki sendiri merasa kehidupannya sangat membosankannya.

Suatu hari, Okazaki bertemu dengan seorang murid perempuan yang kurang percaya diri karena nggak naik kelas akibat sakit yang dideritanya. Murid tersebut bernama Nagisa Furukawa.

Mulai dari situ, kehidupan Okazaki mulai berubah secara perlahan-lahan. Dia pun jadi sering melihat mimpi yang aneh. Dalam mimpi tersebut hanya ada seorang gadis yang berusaha membuat boneka dari sampah dan barang-barang bekas yang dia kumpulkan. Nah, apa yang akan terjadi selanjutnya?

Clannad dan Clannad: After Story sepertinya memang wajib dimasukkan ke dalam daftar anime romantis terbaik yang pernah ada.

Ya meskipun season pertamanya menurut saya nggak “se-greget” yang dibicarakan orang-orang.

Namun untuk season duanya–well, nonton sendiri deh, wkwkwk saya nggak mau ngasih spoiler. Tapi percaya deh, worth it banget season duanya.

47. Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai
rascal_does_not_dream_of_bunny_girl_senpai

Di internet muncul mitos tentang Puberty Syndrome yang hanya dialami oleh para remaja dan sangat sulit untuk diidentifikasi. Namun, seorang siswa SMA bernama Sakuta Azusagawa sadar bahwa Puberty Syndrome nyata adanya karena dia sendiri pernah mengalaminya.

Mai Sakurajima, siswi SMA kelas XII yang sejak kecil sudah menjadi artis populer secara tiba-tiba menghentikan karirnya karena alasan yang misterius. Dengan kepribadian yang sulit didekati, Mai terkenal di sekolahnya namun nggak ada yang berani untuk berinteraksi dengannya.

Sampai suatu hari, Sakuta melihat Mai di perpustakaan kota menggunakan kostum “bunny girl”. Anehnya, saat itu nggak ada yang menyadari keberadaannya. Sakuta pun menyadari bahwa Mai merupakan korban dari Puberty Syndrome.

Saat memutuskan membantu Mai, Sakuta akhirnya harus berhadapan dengan beberapa gadis yang menjadi korban syndrome tersebut.

Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai atau dalam bahasa Inggrisnya Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai (panjang banget ya judulnya? wkwkw) secara garis besar menceritakan soal hubungan asmara antara Mai Sakurajima dengan Sakuta Azusagawa.

Kalau dilihat lebih dalam lagi, anime membahas tentang beberapa “Puberty Syndrome” yang langka dan hanya dialami oleh remaja yang sensitif sekaligus nggak stabil. Syndrome-nya sendiri bermacam-macam dan punya karakteristik tersendiri.

Sayangnya saya nggak tahu syndrome ini cuma fiksi atau benar-benar ada–lagi males riset, maapkeun hehe–tapi kalau memang cuma fiksi, sedikit banyak ada yang bisa dihubungkan dengan kehidupan nyata.

Nah titik keseruannya ada pada karakter Sakuta yang ingin menolong semua korban Puberty Syndrome ini. Dan ajaibnya, yang jadi korban cewek semua lagi. Jadi Mai yang notabene pacarnya si Sakuta ini harus ikut direpotkan.

Baik romance dan slice of life nya cukup seimbang, tapi jatuhnya malah membosankan. Kalau kamu nggak niat banget buat nonton, mungkin bakal sulit. Soalnya saya juga begitu wkwkwk.

48. Horimiya
horimiya

Sekilas, cerita Kyouko Hori dan Izumi Miyamura jadian nggak pernah terpikirkan sama sekali oleh teman-teman sekelasnya. Soalnya, Hori adalah seorang siswi yang cantik sekaligus pintar sedangkan Miyamura justru terlihat lemah dan penyendiri.

Namun takdir memang nggak bisa ditebak, suatu peristiwa mempertemukan mereka berdua dalam keadaan yang “sebenarnya”. Hori si populer justru nggak punya waktu untuk bersosialisasi karena harus menjaga rumah. Dan Miyamura di luar sekolah termasuk cowok berandalan–pake anting dan punya tato.

Dengan kepribadian yang berbeda namun memiliki satu kesamaan, mereka berdua jadi lebih dekat dan sering menghabiskan waktu bersama di rumah Hori. Dan ketika mereka keluar dari cangkangnya masing-masing, mereka bersama-sama menunjukkan jati diri ke dunia luar.

Horimiya, buat saya, adalah FTV versi anime, terutama kisah cinta Miyamura dan Hori. A beautiful story about teenager couples that’s so fvkin real. Beneran deh, romance-nya Horimiya tuh mirip banget dengan yang sering dialami anak-anak SMA–kamu mungkin pernah ngalamin.

Ada cinta yang berhasil, ada yang bertepuk sebelah tangan, bahkan ada cinta segitiga juga. Konflik seperti ini sangat sering dijumpai di circle-circle anak sekolahan, bukan? Nah ini semua ada di Horimiya.

Menariknya lagi, perkembangan karakter terasa jelas sekali dan konflik yang dimiliki oleh setiap karakter diceritakan dengan jelas. Klimaks nya adalah ending yang bahagia. Setiap penggemar romance mungkin bakal suka anime ini.

49. ReLife
relife

ReLife bercerita tentang kehidupan Arata Kaizaki, seorang pengangguran tanpa harapan hidup. Suatu hari, Arata bertemu dengan Ryo Yokae yang menawarkan “kesempatan kedua” padanya.

“Kesempatan kedua” ini berupa kehidupan masa remaja yang dianggap gagal oleh Arata. Dengan bantuan sebuah pil, Arata bisa kembali menjadi anak SMA namun memiliki kesadaran orang dewasa berusia 28 tahun.

Kehidupan SMA tanpa cinta mungkin saja terjadi, namun besar kemungkinan menjadi hambar. ReLife, yang awalnya berkonsep kesempatan kedua pun memasukan unsur romance dalam ceritanya.

Bagusnya, walau Arata punya kesadaran seorang laki-laki dewasa, kisah percintaannya di SMA tetap seperti cinta monyet pada umumnya. Jadi kamu nggak perlu khawatir mendapatkan tontonan yang aneh saat maraton anime ini, ya!


Rekomendasi Anime Science Fiction Terbaik

anime_science_fiction

Science Fiction atau sci-fi termasuk genre spekulatif yang diciptakan berdasarkan imajinasi si pembuat cerita. Cerita anime sci-fi biasanya dimulai dari pertanyaan “gimana kalau dunia ini berbeda?” lalu si tokoh utama bakal menjelajah dunia baru.

Nah, dunia baru ini bisa jadi di masa depan, masa lalu, atau masa sekarang dengan sejarah yang berbeda, tempat yang nggak diketahui, atau planet lain. Genre ini juga biasanya memasukkan hasil inovasi manusia, entah itu teknologi baru, masyarakat yang baru, atau sejenisnya.

50. Steins;Gate Trilogy
steins_gate

Steins’Gate trilogy dimulai dengan kisah Okabe Rintarou, seorang pemuda 20 tahunan yang menyebut dirinya sebagai ilmuwan gila. Setiap hari, Okabe bersama Shina Mayuri–teman masa kecilnya–dan Hashida Itaru–seorang hacker otaku–mencoba menciptakan alat yang bisa membaca masa depan.

Sayangnya mereka justru membuat mesin yang bisa mengubah pisang menjadi tumpukan jelly. Merasa bangga dengan pencapaian semu ini, mereka menamai alat tersebut ponsel microwave.

Karena suatu kebetulan, Okabe mengetahui bahwa ponsel microwave ini bisa mengirimkan pesan ke masa lalu. Kemudian dia memberikan nama D-mail untuk alat ini.

Okabe dan teman-temannya yang lain bergiliran memakai D-mail untuk mengubah masa depan sesuai dengan keinginannya. Namun ulah mereka tercium oleh suatu organisasi rahasia.

Okabe kemudian melompati ruang dan waktu untuk menyelamatkan teman masa kecilnya dan wanita yang dia cintai.

Jujur, Steins;Gate ini anime yang bikin pusing karena menggabungkan time travel dan paralel universe. Ditambah lagi sekitar 4 episode di season pertama cukup boring. Kalau kamu gak kuat-kuat banget, mungkin bakal menyerah di episode keempat.

Nah buat kamu yang kuat, bersyukurlah karena kamu akan menyaksikan anime sci-fi paling seru sepanjang sejarah. Premis utama Steins;Gate sebenarnya tentang penyelamatan Mayuri dan Makisu–dua tokoh wanita yang penting bagi tokoh utama, Okabe Rintarou.

Dari premis yang singkat ini, cerita berkembang secara luar biasa.karena ada efek kupu-kupu (butterfly effect) di dalamnya. Jadi coba bayangkan, kamu bisa menjelajahi waktu, terus kalau ada yang berubah maka masa depan pun berubah. Serem nggak, tuh?

51. Inuyashiki
inuyashiki

Anime ini diadaptasi dari manga karya Hiroya Oku. Ceritanya tentang seorang pria paruh baya bernama Inuyashiki Ichiro yang divonis menderita kanker dan hidupnya hanya akan bertahan sekitar setahun. Tapi tiba-tiba ia mendapat kekuatan baru sebagai seorang cyborg dengan teknologi tingkat tinggi.

Ia memutuskan untuk menggunakan kekuatan barunya untuk menolong orang lain dan menegakkan keadilan. Sementara itu, ada seorang pemuda bernama Shishigami Hiro yang juga mendapat kekuatan serupa tapi malah menggunakannya untuk membunuh orang demi kesenangan.

Jadi, apakah Inuyashiki bisa mengalahkan Shishigami dalam pertarungan sengit mereka?

Hal pertama yang menarik perhatian saya dari anime ini adalah tokoh utamanya yang beda dari anime superhero kebanyakan. Dalam Inuyashiki, kamu akan mengikuti perjalanan seorang kakek-kakek yang punya kekuatan super.

Bayangkan, kalau anime lain lebih menonjolkan kombinasi antara jiwa muda dan sosok pahlawan, Inuyashiki dengan berani menampilkan figur kakek tua sebagai pahlawan utama. Ya meskipun, kalau dilihat dari jatah tampilnya, si kakek ini masih kalah dengan anti-hero nya.

Di luar itu, konflik dalam cerita anime ini bisa saya nikmati dengan baik. Apalagi pengembangan karakternya membuat saya bertanya-tanya “mana yang lebih baik? Si kakek atau si anti-hero?” karena apa yang mereka lakukan sama-sama memiliki landasan yang kuat.

Overall, Inuyashiki adalah anime sci-fi yang wajib masuk ke dalam daftar tontonanmu, terutama jika kamu memang menyukai anime bergenre ini.

52. Kekkai Sensen Season 1 & 2
kekkai_sensen

Sebuah kejadian terjadi di New York yang membuat kota itu berubah menjadi Hellsalem's Lot dalam waktu singkat. Kota ini tertutupi asap tebal yang menyulitkan siapa saja untuk masuk, yang mengakibatkan manusia dan monster harus hidup berdampingan.

Seringkali, berbagai monster dan hal-hal di luar nalar muncul melalui Beyond, batas antara dunia manusia dan monster. Kamu akan diajak mengikuti kegiatan sehari-hari Leonardo Watch, pemilik kekuatan Kamigami no Gigan yang bisa melihat ilusi Beyond.

Bersama dengan Libra, organisasi yang menjaga perdamaian di Hellsalem's Lot, Leo mengungkap berbagai misteri yang menantang.

Kekkai Sensen, anime yang secara nggak sengaja saya temukan. Alhamdulillah ternyata setelah ditonton sampai selesai, ceritanya seru juga. Wkwkwk. Ada satu hal menarik yang nggak pernah bisa saya lupakan dari anime ini, yaitu mata “All-Seeing Eyes of the Gods” yang dimiliki protagonis utamanya.

Gimana nggak? All-Seeing Eyes of the Gods buat saya termasuk salah satu mata paling indah di dunia anime. Ya meskipun beberapa orang mungkin menganggapnya terlalu lebay dan kurang masuk akal. Bodo amat! Namanya juga anime kan? 😛

Dari segi cerita, buat saya b aja sih, nggak terlalu menarik tapi nggak sampai membosankan juga. Mungkin karena kekuatan milik para tokoh di anime ini bagus-bagus kali ya, jadi saya lebih fokus pada gelutnya. Wkwkwk

Tapi tenang saja, Kekkai Sensen punya konfliknya sendiri kok. Soalnya latar tempat nya ada di kota New York yang tertutup dan dipenuhi oleh Alien. Selain itu, porsi komedi di anime ini juga cukup seru. Jadi bisa dibilang, plotnya yang b aja tertutup sama unsur-unsur yang lain.


Rekomendasi Anime Shounen Terbaik

anime_shounen

Seperti namanya yang berarti anak muda (cowok), anime shounen biasanya menyasar pasar anak muda cowok mulai dari SD sampai remaja–sekitar 15 tahun. Biasanya anime ini pakai premis “from zero to hero” atau superhero dengan sense of justice yang kuat.

53. Naruto
naruto

Sebagai bagian dari “The Big Three of Shounen”, Naruto mungkin yang paling bawah skornya buat saya. Meskipun anime ini lebih akrab di Indonesia karena dulu sering diputar di Global TV dan saya menontonnya juga.

Hanya saja, kalau dibandingkan dengan dua anime shounen sukses lainnya–One Piece & Bleach, Naruto kalah jauh. Plot dan alur cerita? Panjang dan bertele-tele, apalagi anime banyak filler gak jelas sama flashback yang lama. Karakter? Cukup kuat, meski gak seunik One Piece. Visual? Masih mendingan Bleach.

With that being said, One Piece is still one of the biggest anime ever. Sedikit banyak, lamanya Naruto tayang sudah membawanya ke seluruh belahan dunia dan pastinya ada yang menjadi penggemarnya.

54. One Piece
one_piece

One Piece bisa dikatakan sebagai anime fenomenal yang bakal diingat oleh siapa saja pecinta anime di dunia ini. Dan satu-satunya manusia yang bikin One Piece begitu fenomenal adalah si Jenius Oda-sensei.

Selama 20 tahun lebih dia menyajikan cerita Crew Mugiwara dengan cara yang unik. Seperti puzzle, dia mulai dari satu titik lalu perlahan melangkah maju menggunakan potongan puzzle yang searah. Tapi begitu ada kesempatan untuk menggunakan potongan yang berbeda, dia bisa langsung melakukannya.

Misalnya, anggaplah dihadapanmu sekarang ada puzzle wallpaper semua crew mugiwara. Karena puzzle-nya besar, kamu mulai dari gambar kapalnya dulu–satu yang paling gampang dibedakan dari yang lain. Jika ternyata di tengah-tengah kamu merasa bisa menyelesaikan gambar si Luffy, tanpa menunggu lama kamu langsung menyelesaikannya.

Oda juga begitu. Secara keseluruhan dia tetap berpegang teguh pada premis utamanya, yaitu perjalanan Luffy mencari One Piece. Tapi dia sering secara nggak langsung mengalihkan perhatian penontonnya ke satu hal yang lain. Bisa jadi misteri di balik kekuatan buah setan, siapa organisasi A, apa kekuatan karakter C, dan semacamnya.

Ini merupakan kelebihan One Piece yang nggak dimiliki oleh Bleach atau Naruto. Cuma ya, kadang Oda terlalu mementingkan detail sampai lupa maju. Seperti waktu arc Whole Cake Island yang butuh waktu dua tahun buat selesai.

Lalu sebelum masuk ke Arc Wano, perkembangan cerita One Piece itu monoton. Crew Mugiwara sampai di sebuah pulau, somehow mereka berpencar, ketemu musuh masing-masing, bersatu, lalu gelut. Untung sekarang udah nggak gitu lagi.

55. Hunter X Hunter
hunter_x_hunter

Hunter X Hunter termasuk anime Shounen yang bisa bikin kamu galau untuk menonton secara maraton sampai beres atau dinikmati pelan-pelan. Soalnya ceritanya nggak terlalu complicated tapi pengembangan karakternya bagus banget.

Ditambah lagi ada konsep super power dari “Nen”, dan setiap karakter punya “Nen” yang berbeda. Artinya, kamu akan dimanjakan dengan pertarungan kekuatan unik yang dikombinasikan dengan cerita yang ringan.

Sayangnya, meskipun endingnya selesai di akhir arc, tapi masih ada misteri yang belum terpecahkan. Sialnya, anime dan manga HxH udah hiatus lama karena kesehatan mangaka-nya yang terganggu. Jadi mungkin kamu akan sedikit sebel setelah menamatkan anime ini.

56. Jujutsu Kaisen
jujutsu_kaisen

Jujutsu Kaisen! Siapa yang nggak tahu anime ini? Ada yang bilang Yuji Itadori dkk ini bakal menjadi “The next big three of shounen” bersama Demon Hunter dan apa Boku No Hero Academia? Who knows lah, ya.

Anyway, Jujutsu Kaisen masuk ke dalam list ini karena plot ceritanya seru terus ada Gojo Satoru, guru ganteng bermata indah yang kuat bukan main! Perkembangan protagonis utamanya juga bagus. Dari yang nggak bisa apa-apa, sekarang udah masuk ke jajaran penyihir jujutsu terkuat.

Di luar itu, saya suka banget sama visualnya. Maka dari itu, saya bakal bilang ini anime yang bisa bikin kamu jatuh cinta sama dunia dua dimensi. Jadi nggak usah ragu, langsung tonton sekarang juga.

Tapi sayangnya makin kesini Jujutsu Kaisen justru jadi anime yang overrated. Seiring cerita yang makin kompleks, Akutami-sensei seperti pengin buru-buru nyelesain ceritanya jadi nggak terlalu memperhatikan detial. Padahal kalau bisa konsisten pasti bagus banget sih.

Baca juga: Jujutsu Kaisen Memang Overrated


Rekomendasi Anime Slice of Life Terbaik

anime_slice_of_life

Genre slice of life (SOL) buat saya pribadi kerap jadi pilihan saat bosan nonton anime atau manga isekai dan superpower. Soalnya SOL tuh visualnya bagus terus ceritanya juga ringan.

Ada yang nyeritain hobi, masak, makan-makan, jalan-jalan, ngurus anak, sampai yang membahas pekerjaan pun ada. Ya pokoknya cerita kehidupan sehari-hari di Jepang yang sedikit banyak relate sama saya dan masyarakat Indonesia lainnya.

57. Violet Evergarden
violet_evergarden

Ceritanya berpusat pada seorang mantan prajurit perang wanita bernama Violet Evergarden yang kehilangan tujuan hidupnya sendiri.

Bayangin, dia dari kecil hidup di medan perang dan hanya tahu cara memegang senjata. Setelah perang usai dan keadaan menjadi damai, Violet nggak ada bedanya dengan robot–gak punya kemauan atau inisiatif

Mantan atasannya yang memiliki kantor jasa pembuatan dan pengiriman surat, mengajak Violet bekerja. Siapa sangka, kemampuan mantan prajurit perang ini diakui oleh orang-orang besar hingga membawanya ke puluhan cerita menyedihkan dan menyentuh hati.

Kalau kamu mau nonton anime yang heartwarming, nggak banyak konflik, visualnya cantik, sekaligus menyayat hati, udah langsung aja pilih Violet Evergarden.

58. Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai
anohana_the_flower_we_saw_that_day

Ceritanya mengisahkan tentang persahabatan enam orang bocah ingusan. Suatu hari salah satu dari mereka pergi lebih dulu.

Sejak saat itu, persahabatan yang dulunya hangat dan erat bagai kepompong mulai berubah jadi dingin mirip Spongebob-Squidwards. Suatu hari, anak yang meninggal lebih dulu mendatangi salah satu temannya.

Dia punya satu keinginan yang hanya bisa diwujudkan oleh mereka berenam. Dari sini cerita berkembang ke arah yang menyebalkan. Soalnya lima sekawan yang tersisa udah sibuk dengan hidupnya masing-masing.

Ada banyak anime slice of life yang endingnya sedih, tapi Anohana lebih dari sekadar bikin sedih. Anime ini sukses bikin perasaan saya naik-turun-muter-muter mirip kaya roller coaster. Ada senang, jengkel, marah, kecewa, geregetan, dan sedih, campur aduk deh pokoknya.

Alur cerita anime ini mengalir mulus tanpa plot hole yang berarti. Pokoknya dari awal matamu akan sulit berpaling dari layar hingga episode akhir. Tapi hati-hati, pas episode terakhir kamu mewek ya

59. Amaama to Inazuma
amama_to_inazuma

Tsumugi Inuzuka dan ayahnya, Nakamura Kohei Inuzuka hidup berdua setelah kepergian ibunya. Nakamura yang bekerja sebagai guru berusaha sekuat tenaga menjadi ayah sekaligus bapak rumah tangga yang baik buat anaknya.

Suatu hari, mereka bertemu dengan Kotori Iida saat jalan-jalan. Pertemuan ini kemudian membawa Tsumugi dan Nakamura ke babak hidup yang baru.

Kotori merupakan anak pemilik restoran yang hampir tutup, di tempat ini Nakamura belajar memasak berbagai macam makanan kesukaan Tsumugi.

Anime ini cocok buat kamu yang lagi mumet dan pusing dengan kesibukan duniawi yang nggak ada habisnya sama sekali. Saya berulang kali rewatch anime ini kalau ngerasa udah nggak punya tenaga buat kerja.

Dari awal sampai akhir, kamu nggak perlu mikir apa-apa, cukup nikmati setiap momen yang dilewati oleh Tsumugi dan ayahnya. Benar-benar tontonan yang light dan heartwarming.

Ditambah lagi di anime ini telingamu akan dimanjakan dengan suara bocil usia balita yang menggemaskan.

60. Gakuen Babysitters
gakuen_babysitter

Rekomendasi anime Slice of Life yang berikutnya ada Gakuen Babysitter alias School Babysitters.

Mengisahkan tentang Ryuuichi Kashima dan Kotaro Kashima, kakak-beradik yang menjadi yatim-piatu setelah ayah ibunya meninggal dalam kecelakaan pesawat terbang. Setelah itu, mereka diadopsi oleh Morinomiya Youko, seorang kepala sekolah swasta di Jepang.

Sama seperti Ryuuichi dan Kotaro, Morinomiya kehilangan anak dan menantunya dalam kecelakaan pesawat tersebut. Dia menawarkan diri menjadi wali dua kakak-beradik itu asal Ryuuichi mau ikut dalam ekskul penitipan anak di sekolahnya.

Buat saya ini anime Slice of Life terbaik yang pernah ada. Bayangin kamu bisa melihat kegemasan lima orang toddler plus satu bayi dengan tingkah laku dan suara yang cadel tapi natural.

Nggak ada konflik apapun di sini, pokoknya kamu hanya perlu menonton kelakuan sehari-hari lima bocil yang bikin repot Ryuuichi. Oh iya, kamu juga akan melihat bagaimana rasanya menjadi kakak sekaligus anak yatim-piatu di masyarakat yang mendukung perkembangan anak.

61. The Yuzuki Family's Four Sons
the_yuzuki_family_four_sons

The Yuzuki Family’s Four Sons adalah anime di penghujung tahun 2023 yang mengingatkan saya pada masa kecil dulu. Ceritanya tentang kehidupan empat anak laki-laki keluarga Yuzuki yang ditinggalkan lebih dulu oleh orang tuanya.

Hayato, Mikoto, Minato, dan Gakuto berusaha melanjutkan hidup seperti keluarga normal pada umumnya. Meski begitu, kehidupan anak yatim piatu nggak akan pernah bisa sama dengan keluarga yang normal.

Pasti ada permasalahan maupun cobaan yang muncul. Misalnya ketika ada event parent visit di sekolah Gakuto, dia nggak mau memberikan surat undangan orang tua karena nggak mau menambah beban kakaknya.

Padahal kalau Hayato nggak datang, Gakuto pasti merasa kesepian dan bisa saja iri pada teman-temannya. Kemudian ada masalah-masalah lain yang bakal terlalu panjang kalau ditulis di sini.

Intinya, The Yuzuki Family’s Four Sons siap mengaduk-aduk emosi kamu saat menontonnya. Kadang kamu dibikin amaze dengan kedewasaan Gakuto, ada juga waktunya kamu dibikin sedih karena Hayato atau Mikoto.

Walau begitu, saya sangat merekomendasikan anime ini supaya kamu bisa mengerti bagaimana perasaan seorang anak yatim piatu yang harus berusaha menjalani kehidupan seperti anak-anak dari keluarga normal yang lainnya.


Rekomendasi Anime Sports Terbaik

anime_sports

Anime sports biasanya lebih fokus pada kompetisi, baik antar-tim maupun antar-pemain. Cabang olahraganya bisa apa saja, mulai dari sepak bola, voli, tenis meja, tinju, hingga basket.

Apapun cabornya, anime sports akan menunjukkan perjuangan yang dilakukan si atlet dan teman-temannya untuk mencapai mimpi bersama.

62. Haikyuu
haikyuu

Anime voli ini menceritakan tentang perjuangan Hinata, Kageyama, dan teman-temannya mengangkat kembali nama tim bola voli SMA Karasuno. Dulu tim ini dianggap sebagai tim terbaik yang nggak terkalahkan, namun seiring berjalannya waktu kualitas pemain mulai menurun hingga membuat namanya redup.

Tibalah bagian Hinata dan Kageyama menjadi murid SMA Karasuno, bersama-sama mereka membawa harapan baru bagi tim bola voli sekolahnya. Bukan hanya karena Kageyama yang punya bakat luar biasa dalam voli, tetapi juga Hinata yang pantang menyerah mencapai mimpinya.

Buat saya, Haikyuu jadi anime sports terbaik sejauh ini karena pembahasannya sangat dalam. Bukan seperti Captain Tsubasa yang fokus pada aksi atau seperti Ao Ashi yang menitik beratkan strategi, Haikyuu menggabungkan keduanya menjadi satu tontonan luar biasa.

Bayangkan, satu season yang berisi 12 episode habis untuk menggambarkan satu pertandingan bola voli dengan 5 set. Setiap momen terekam dengan jelas dan nggak ada yang terlewat.

Kamu bisa menyaksikan pukulan smash keras, pertahanan pemain libero, atau rally panjang yang intens dengan sangat jelas. Ketegangan yang terasa nggak beda jauh dengan saat menonton pertandingan voli langsung. Jadi, worth to watch banget lah pokoknya!

63. One Outs
one_outs

Cerita utamanya tentang seorang Toua Tokuchi, seorang pitcher baseball yang jeniusnya nggak ketolong.

Suatu hari, Tokuchi bertemu dengan dua orang pemain baseball internasional di sebuah tempat perjudian. Tokuchi dan salah satu pemain itu melakukan satu permainan antara batter dan pitcher bernama One Outs.

Permainan ini menggunakan konsep judi, jadi harus ada sesuatu yang dipertaruhkan dulu agar bisa dimulai. Tokuchi–yang nggak terkalahkan–menerima tawaran berjudi dari si pemain baseball tadi dengan taruhan spesial. Sayangnya Tokuchi kalah dan harus bergabung dengan tim baseball si pemain.

Siapa sangka, di tim baseball itu dia malah bertemu dengan bos pemilik klub yang mata duitan. Karena di pikirannya hanya ada duit, jadi dia merasa rugi telah mengontrak Tokuchi. Tapi Tokuchi yang senang judi justru menantang si bos, akhirnya setiap pertandingan tim itu akan selalu ada perjudian. Dan inilah letak keseruan anime One Outs.

Kalau kamu suka sama Hisoka dari Hunter X Hunter, kemungkinan besar bakal suka juga sama Tokuchi. Soalnya mereka berdua punya aura dan senyuman yang sama, sifatnya pun nggak jauh berbeda.

Tokuchi yang jenius, bukan hanya cerdas tapi juga pandai membaca psikologis lawannya. Meskipun fisiknya nggak sekuat pemain lain, tapi dia punya seribu satu cara untuk menjadi pemenang dan mendapatkan uang tambahan dari si bos.

Tapi kalaupun kamu nggak suka tipe karakter yang mirip Hisoka, cerita One Outs masih seru untuk diikuti karena ada elemen psychologist-nya. Makanya jangan heran kalau jantungmu bakal sering berdegup kencang saat menonton anime ini.

64. Ao Ashi
ao_ashi

Ao Ashi, anime sepak bola yang lumayan baru tapi bisa menarik perhatian banyak orang. Menurut saya, anime ini mirip Haikyuu tapi cabang olahraganya sepak bola. Soalnya pace ceritanya cukup lambat dan latar nya nggak selalu ada di lapangan.

Kadang kita dikasih lihat bagaimana suasana kamar ganti, tempat latihan, atau yang lainnya. Jadi dibanding Blue Lock–apalagi Captain Tsubasa, kita nggak akan selalu menyaksikan aksi-aksi pemainnya.

Di sisi lain, justru ini yang jadi pembeda karena lebih terasa nyata dan yang paling penting nggak dipenuhi jurus-jurus dengan visual yang flashy kayak Tsubasa. So, kalau kamu senang dan mengerti soal sepak bola, Ao Ashi cocok jadi tontonan utama saat senggang.

65. Kuroko no Basket
kuroko_no_basket

Ceritanya tentang seorang pemain basket SMA yang pernah menjadi bagian dari “Kiseki no Sedai” alias generasi emas basket saat SMP. Begitu lulus, dia memutuskan untuk berpisah dari teman-temannya dan ingin menunjukkan kalau buat jadi pemain basket yang hebat nggak cukup dengan bakat saja.

Kuroko no Basket ini mirip kayak Captain Tsubasa, anime sport yang lebih fokus ke aksi daripada apa yang terjadi di luar lapangan tapi cabornya basket. Jadi kalau kamu ngarep bisa tahu lika-liku sebuah tim basket anak SMA dari anime ini, mending buang jauh-jauh deh harapanmu.

Di sisi lain, cara penyajian yang lebih fokus ke aksi seperti itu bikin Kuroko no Basket jadi anime yang bisa ditonton semua orang. Dari yang nggak suka banget sama basket sampai yang udah di tahap “nerd”.

66. Blue Lock
blue_lock

Buat saya jadwal rilis Blue Lock benar-benar diperhitungkan dengan baik. Gimana nggak? Rilis di waktu Piala Dunia 2022 digelar, Jepang ikut main dan berhasil mengalahkan Spanyol. Belum lagi jersey timnas Jepang didesain sama mangaka-nya Blue Lock. Jelas anime ini “menang banyak”.

Sebenarnya kalau dirilis di waktu lain, Blue Lock pasti bakal hype juga sih. Apalagi manga-nya udah populer duluan. Terus ada juga yang membandingkannya dengan Ao Ashi. Karena sama-sama mengambil tema sepakbola, tapi dengan perspektif yang berbeda.

Overall, Blue Lock anime yang bagus dan harus kamu tonton. Bumbu psychology-nya lumayan terasa apalagi persaingan antar karakternya juga bisa bikin kamu deg degan.


Rekomendasi Anime Supernatural Terbaik

anime_supernatural

Supernatural atau biasa disebut juga paranormal adalah genre yang menceritakan fenomena-fenomena aneh dan di luar jangkauan sains modern. Kebanyakan ceritanya diangkat dari mitos, urban legend, folklore di Jepang atau yang sangat populer dari negara lain.

Jadi jangan heran kalau kamu menemukan keanehan di dalamnya, seperti kekuatan psikis, hantu, atau makhluk supernatural.

67. Nurarihyon no Mago: Sennen Makyou
nurarihyon_no_mago

Nurarihyon no Mago menceritakan tentang seorang anak SMA bernama Nura Rikuo yang punya kepribadian ganda, mirip seperti Yugi Oh, alias dalam satu tubuh ada dua “orang”. Pertama adalah pemuda Jepang pada umumnya dengan kehidupan normal dan satu lagi pemimpin salah satu klan hantu terbesar di Jepang.

Rikuo diminta menjadi penerus kakeknya sebagai pemimpin klan Nura. Sebenarnya dia nggak mau, tapi pada akhirnya permintaan itu diterima juga.

Di anime ini kamu bisa melihat banyak banget hantu dan makhluk mitologi Jepang. Anehnya, meski menceritakan tentang salah satu klan Yokai terbesar di Jepang, tapi nggak banyak pertarungan yang terjadi di anime ini.

Malah menurut saya, Nurarihyon no Mago lebih condong ke slice of life daripada action. Overall, anime ini masih tetap bisa menghibur dengan visualisasi dan karakternya yang banyak.

68. Ueki no Housoku
law_of_ueki

Ceritanya tentang anak SMP bernama Ueki yang punya kekuatan untuk mengubah sampah jadi pohon. Secara tiba-tiba harus ikut dalam sebuah turnamen untuk memperebutkan titel raja langit. Ueki harus bertarung melawan 99 peserta lain yang ingin menjadi pemenang.

Law of Ueki, sama seperti Naruto, pernah tayang juga di Global TV sekitar tahun 2008-an. Jadi mungkin kalau kamu udah cukup besar di tahun itu, pernah menonton anime ini meski cuma sebentar.

Law of Ueki menurut saya adalah tipikal anime yang “ramah TV” di tahun 2000-an. Mengajarkan tentang persahabatan, kebaikan, kebijakan, dan keadilan yang kuat. Jadi mungkin agak membosankan kalau kamu nggak terlalu suka anime seperti itu. Tapi buat saya, ceritanya tetep seru untuk diikuti, kok.

69. Fuuto Tantei
fuuto_pi

Henshin!!! Apa yang pertama kali muncul dalam pikiranmu ketika mendengar kata ini? Yak betul, berubah menjadi kamen rider. Fuuto Tantei atau Fuuto Pi merupakan anime kamen Kamen Rider Joker dan Cyclone yang mengusut fenomena-fenomena aneh di kota Fuuto sebagai detektif.

Seperti cerita kamen rider pada umumnya, Fuuto Pi fokus menceritakan pertarungan tokoh utama dengan penjahat-penjahat yang muncul di kota Fuuto. Nggak beda jauh lah sama kamen rider yang dulu tayang di Indonesia pada tahun 2000-an.

Alurnya ya gitu aja, sih, tapi buat saya momen “henshin” tadi brings back memories banget. Tiap nonton, jadi inget dulu waktu kecil suka pura-pura berubah jadi kamen rider bareng temen-temen deket rumah. Wkwkwkwk

Jadi saran saya, jangan terlalu berharap bisa melihat cerita yang seru atau anti-mainstream saat menonton anime ini. Mending kamu nikmati setiap pertarungan dan momen saat tokoh utamanya berubah menjadi pahlawan.


Rekomendasi Anime Superpower Terbarik

anime_superpower

Seperti namanya, judul-judul yang masuk dalam genre ini punya protagonis atau antagonis dengan kekuatan super yang di luar nalar. Kekuatan ini jenisnya bisa bermacam-macam, seperti fisik yang kuat, magic yang luar biasa banyak, atau otak yang sangat genius. Karena pilihannya ada banyak, di sini saya cuma milih anime yang karakternya bener-bener OP dan sangat sulit dikalahkan.

70. One Punch Man
one_punch_man

Saitama melatih tubuhnya karena ingin menjadi pahlawan setelah gagal mendapatkan pekerjaan. Secara nggak sadar, dari latihan itu dia menjadi manusia paling kuat di bumi yang pukulan mode seriusnya bisa mengalahkan pemimpin kelompok alien.

Manusia botak yang polos ini jadi punya kekuatan AMAT SANGAT BESAR setelah rutin melakukan latihan ekstrim tersebut, yaitu 100 kali push up, 100 sit up, 100 squat, dan lari 10 kilometer setiap hari selama 3 tahun.

Sisanya seperti yang kamu tahu, si botak hidup biasa saja dan jadi orang yang cuek. Dia bahkan nggak mau orang lain tahu soal kekuatannya tapi nggak berusaha untuk menutupinya juga, sih.

71. Code: Breaker
code_breaker

Oogami Rei adalah seorang anak SMA yang mempunyai kekuatan untuk menciptakan api biru dari tangannya. Dia bergabung dengan kelompok agen pemerintah khusus yang bertugas membasmi penjahat kelas kakap.

Buat saya, premisnya nggak terlalu asing karena sudah digunakan juga di banyak judul anime yang lain. Tapi Code: Breaker tetap terasa beda karena ceritanya disajikan dengan baik.

Apalagi si Rei ini punya prinsip “mata dibalas mata” yang membuatnya nggak segan membunuh penjahat tanpa pandang bulu. Selain itu, di dalamnya juga ada pertarungan prinsip antara Rei dan Sakura–teman sekolah Rei yang tahu jati dirinya. Jadi meski cerita agak lambat, namun tidak terasa membosankan meskipun ditonton secara maraton.

72. Mob Psycho 100
mob_psycho_100

Mob, seorang anak SMP dengan kekuatan psikis luar biasa membantu kenalannya yang berpura-pura menjadi paranormal untuk menangani berbagai kejadian aneh. Sejak mulai menjadi paranormal part time, hidup Mob berbalik 180 derajat.

Dilihat dari visual animenya, kamu mungkin nggak akan percaya kalau Mob Psycho 100 adalah karya lain dari pengarang cerita One Punch Man. Yup, penulis cerita manga “One” yang nggak jago ngegambar ini menciptakan dua cerita dengan tokoh overpower.

Bedanya, Saitama lebih mengandalkan kekuatan fisik sedangkan Mob kekuatan psikis. Tapi keduanya sama-sama sulit dikalahkan.

Buat saya Mob Psycho ceritanya cukup ringan dan bisa dinikmati tanpa harus mikir atau mengingat episode-episode sebelumnya. Ya pokoknya kamu cukup duduk terus nonton setiap episodenya sambil melihat kekuatan Mob yang di luar nurul.


Rekmendasi Anime Psychological Terbaik

anime_psychological

Anime bertema psychological mengeksplorasi sisi mental atau emosional karakter utama ketika ada di situasi yang sulit dan terdesak. Karena itu, kamu akan sering melihat kepribadian karakternya berubah seiring perkembangan cerita.

Salah satu ciri khas dari anime psychological adalah banyaknya monolog dari karakter utamanya. Jadi kamu bisa tahu apa yang sedang dipikirkan oleh karakter, motivasi apa yang ada pada diri mereka, dan lain sebagainya.

So, kalau kamu pengin merasakan ketegangan sekaligus menebak plot cerita, anime psychological adalah pilihan yang tepat untuk ditonton. Tapi, siapkan diri karena visualnya jarang disensor.

73. Yakusoku no Neverland
promised_neverland

Saat menonton ini, kamu harus melihat sekumpulan anak kecil berusaha menyelamatkan diri dari ancaman iblis yang ingin memangsa mereka.

Ceritanya punya pace yang lambat, tapi worth it buat ditonton kok. Memang kalau dibandingkan anime psychological lain ceritanya terasa membosankan. Namun, buat saya anime ini bisa banget mengacak-ngacak psikologis penontonnya.

Kamu bisa menyaksikan bagaimana Emma dan kawan-kawannya berusaha sekuat tenaga untuk bertahan hidup di dunia yang tanpa aturan sama sekali.

74. Death Parade
death_parade

Death Parade menceritakan tentang dimensi alternatif bernama Quindecim yang bentuknya mirip bar dengan sedikit tambahan berupa tempat permainan. Dimensi ini hanya bisa dimasuki oleh dua arwah yang tidak masuk ke neraka ataupun surga.

Di dalam bar ada seorang bartender, Decim, yang bertugas memberikan penilaian pada setiap arwah yang datang lewat berbagai macam permainan yang mengancam jiwa. Setelah si arwah menyelesaikan permainan, ada dua nasib yang menunggu mereka: bereinkarnasi atau ke pergi ke alam baka.

Permainannya bisa apa saja, mulai dari darts, bowling, sampai adu pukul. Kamu bakal melihat kepribadian asli dari setiap arwah saat menyelesaikan permainan.

text_paragraph

Sebuah premis yang menarik, apalagi latar tempatnya mengambil dimensi yang nggak nyata. Jadi cerita bisa berkembang seperti apa saja dan tentunya kamu akan melihat pergulatan seru dalam diri setiap arwah yang datang.

75. Classroom of The Elite
classroom_of_the_elite

Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu a.k.a Classroom of The Elite mengambil konsep seperti Assassination classroom. Anime ini mengambil tempat di sebuah sekolah dengan sistem hirarki untuk setiap kelasnya.

Tokoh utamanya, Kiyotaka Ayanokouji, berada di kelas D yang dianggap sebagai tempatnya para pecundang. Di kelas ini dia bertemu dengan Suzune Horikita yang sangat berambisi untuk pindah ke kelas A yang superior.

Ayanokouji mempunyai kepribadian yang santai, nggak mau repot, dan nggak berambisi juga. Pokoknya berbanding terbalik dengan Horikita yang super ngotot buat pindah ke kelas A.

Menariknya, ranking kelas ini bisa berubah-ubah tergantung skor yang didapatkan oleh siswa-siswinya. Ayanokouji yang awalnya cuek, lambat laun mulai ikut membantu teman-teman sekelasnya untuk meningkatkan ranking kelas mereka.

Yang bagus dari anime ini adalah Ayanokouji punya kepribadian yang dingin. Dia bahkan nggak segan memanfaatkan teman sekelasnya secara langsung demi mendapatkan tujuannya.

Tentu saja, jalannya nggak mudah karena masing-masing siswa kelas D punya ambisi sendiri yang membuat mereka bisa melakukan apa saja, termasuk menjadi pengkhianat.

Anime ini ada dua season–dan season ketiganya bakal tayang Januari 2024 nanti, sepanjang cerita kamu bakal melihat pertarungan strategi sekaligus plot twist yang cukup membagongkan.

76. Tomodachi Game
tomodachi_game

Yuuichi Katagiri adalah seorang siswa SMA yang sangat menghargai persahabatannya dengan Yutori Kokorogi, Shiho Sawaragi, Makoto Shibe, dan Tenji Mikasa.

Suatu ketika, Shiho dan Makoto harus bertanggung jawab atas hilangnya biaya study tour kelas mereka. Kelima sahabat ini lalu mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut, tapi saat mereka melakukan diskusi tiba-tiba mereka dibawa ke tempat misterius.

Di tempat itu, terungkap fakta bahwa salah satu dari kelimanya mempunyai hutang 20 juta yen dan “memaksa” mereka mengikuti berbagai permainan psikologis demi melunasi hutang tersebut.

Hutang dan persahabatan adalah dua hal yang nggak boleh disatukan, apapun alasannya. Kalau kamu berani menyatukannya, maka harus siap jika hubungan persahabatanmu hancur.

Nah, gimana kalau keduanya dipaksa digabungkan oleh pihak ketiga dengan cara yang kurang ajar? Tomodachi Game-lah jawabannya.

Tomodachi Game konsepnya nggak beda jauh dengan Ousama Game. Bedanya, setiap orang berjuang menjadi pemenang demi melunasi hutangnya yang nggak mungkin dibayar sama sekali.

Jadi nggak secara langsung mempertontonkan kematian karakternya, tapi tiap karakter yang kalah hidupnya sama saja berakhir karena dia punya hutang puluhan juta yen yang mustahil buat dibayar.

Seperti yang sudah kamu tahu, ketika seseorang berhadapan dengan kondisi yang sulit–apalagi berhubungan dengan hutang dan nyawa–karakter aslinya pasti muncul. Lewat permainan psikologis dalam Tomodachi Game, Yuuichi akan melihat seperti apa wajah asli dari sahabat yang sangat dia sayangi.

77. Kakegurui
kakegurui

Satu lagi anime psikologis yang menjadikan sekolah sebagai latar tempatnya. Premis utamanya masih sama dengan Assassination Classroom dan Classroom of The Elite, setiap siswa harus berusaha mendapatkan ranking tinggi demi mendapatkan privilese terbaik.

Bedanya, ranking ini ditentukan bukan lewat pelajaran atau perlombaan, melainkan perjudian. Yumeko Jabami, seorang siswi pindahan yang gila judi datang memberikan “shock therapy” pada teman ekosistem perjudian di sekolah ini.

Berbeda dengan siswa-siswi lainnya, Yumeko nggak main judi untuk menang, tapi buat menikmati sensasi menegangkan di setiap permainan yang dia mainkan. Dari sini, mulailah cerita tentang Yumeko yang menunjukkan bakat judi plus memanipulasi orangnya.

Sebagai sebuah tontonan, Kakegurui punya banyak sekali pembelajaran yang bisa diambil. Di sisi lain, jika kamu menganggapnya sebagai hiburan, matamu tak akan bisa berpaling dari layar kaca sampai akhir episode.

Setiap unsur yang ada di anime ini bersatu padu hingga menciptakan keseruan tersendiri yang tak akan kamu temukan di anime lain.


Rekomendasi Anime Terlaris Sepanjang Masa

anime_terlaris

Berapa lama kamu jadi penikmat anime? 5 tahun, 10 tahun, atau sepanjang hidup? Well berapapun waktu yang sudah kamu dedikasikan untuk kartun-kartun 2D ini, mustahil mengikuti semua judul yang rilis setiap tahun.

Biasanya dari puluhan judul yang tayang dalam satu tahun, paling banyak ada beberapa belas judul yang layak diingat. Sisanya dilupakan atau bahkan nggak ditonton sama sekali. Meski begitu, ada beberapa judul yang pantas mendapatkan titel “legenda” di genre-nya masing-masing.

Di sisi lain, ada juga judul anime yang mendapatkan titel terlaris sepanjang masa jika dilihat dari keuntungan ekonomi yang didapatkan. Nah kalau bicara soal keuntungan, Pokemon keluar sebagai juaranya.

78. Pokemon
pokemon

Dari semua judul anime yang pernah ada, Pokemon berhasil mengukuhkan diri sebagai anime dengan pendapatan terbesar. Nggak tanggung-tanggung, sejak pertama keluar sampai sekarang, anime ini sudah mendapatkan keuntungan lebih dari $99 miliar dan masih akan terus bertambah.

Keuntungan ini didapatkan dari berbagai berbagai lini. Pertama, anime-nya yang sampai sekarang masih terus rilis secara reguler dengan tokoh baru, meskipun Satoshi udah pensiun.

Lalu ada lini permainan Pokemon Go yang sudah didownload lebih dari 100 juta kali. Belum lagi Nintendo yang terus mengeluarkan permainan Pokemon tiap tahunnya. Tapi semuanya masih kalah jauh dibandingkan pendapatan dari merchandise.

Merchandise resmi Pokemon masih jadi lini pendapatan terbesar mereka sampai sekarang dengan Pikachu sebagai jagoannya. Nggak munafik deh, rasanya hampir semua orang tahu Pikachu jadi wajar kalau penjualan merchandise-nya melambung tinggi.


Rekomendasi Anime Terbaik dengan Episode Banyak

anime_dengan_episode_banyak

Saat ini mayoritas Anime tayang per season dengan episode yang terbatas. Jadi mau nggak mau kita harus menunggu beberapa bulan atau tahun demi mengetahui kelanjutan cerita dari anime favorit.

Namun, dulu ada beberapa judul anime yang tayang secara reguler hingga episode-nya berjumlah ratusan. Kalau kamu punya banyak waktu luang dan pengin nonton anime yang banyak episode-nya, 7 judul di bawah ini bisa dijadikan pilihan.

79. Fullmetal Alchemist
fullmetal_alchemist

Fullmetal Alchemist menceritakan tentang dua kakak beradik, Edward dan Alphonse, yang mengalami tragedi mengerikan saat bermain-main dengan alkemi dan kehidupan. Mereka mencoba menghidupkan kembali orang tuanya yang sudah meninggal dengan alkemi. Padahal hal ini sangat dilarang dan nggak boleh dilakukan sama sekali.

Akibatnya, mereka harus rela memberikan “bayaran” yang besar. Si adik, Alphonse, tubuhnya menghilang tanpa jejak dan harus hidup dengan merasuki baju zirah besi. Sedangkan si kakak, Edward, harus kehilangan kaki dan tangan saat berusaha menyelamatkan jiwa adiknya.

Setelah itu, keduanya diselamatkan oleh Pinako Rockbell dan cucunya, Winry, yang dikenal sebagai jenius dalam bidang teknik bio-mekanik. Edward mendapatkan tangan dan kaki robot dari Winry untuk melanjutkan hidupnya.

Dimulailah perjalanan kakak beradik ini untuk mencari cara mengembalikan bagian tubuh mereka yang hilang dengan Philosohper’s Stone. Sebuah permata kuat yang memungkinkan alkemis menabrak hukum “pertukaran setara” yang harus dibayar saat melakukan teknik alkemi.

Selama 64 episode, kamu akan menyaksikan perjalanan Edward dan Alphonse menghadapi berbagai rintangan demi mendapatkan permata yang dicari. Sedikit spoiler, dalam anime ini kamu bakal menemukan salah satu arc paling menyedihkan sekaligus menyebalkan yang pernah ada dalam sejarah anime.

80. Bleach
bleach

Well, well, welll, siapa yang nggak tahu Bleach? Ichigo Kurosaki dan kawan-kawan pernah menemani masa kecil generasi 90-an di Indonesia selama beberapa tahun.

Yup, anime ini sempat tayang di Indosiar dari tahun 2008 sampai 2009 namun harus berhenti karena alasan klise: terlalu banyak adegan kekerasan.

Anyway, menurut myanimelist.com, Bleach mulai tayang dari tanggal 5 Oktober 2004 sampai dengan 27 Maret 2012. Selama hampir delapan tahun, ada 366 episode–selain movie dan OVA–yang rilis secara reguler.

Tahun 2022 kemarin, penggemar setia Bleach mendapatkan kabar gembira dengan perilisan arc baru, yaitu Thousand-Year Blood War (TYBW) yang menjadi Arc final dari anime ini. Anime 12 episode itu menjadi obat kangen yang menurut saya sukses.

Kalau kamu ingin mengetahui cerita lengkapnya, sebaiknya luangkan waktu sekitar 3 bulan untuk menyelesaikan 366 episode secara cepat. Tapi kalau mau dinikmati secara pelan pun ya boleh aja, toh season dua TYBW sudah tamat dan season ketiganya baru akan tayang di tahun 2024.

81. Fairy Tail
fairy_tail

Fairy Tail merupakan sebuah guild sihir tempat Natsu, Happy, Lucy, Gray, dan Erza melewati hari-harinya dengan menyelesaikan berbagai quest. Sebagai anime yang bertema sihir, tentunya kamu bakal melihat banyak kekuatan super power dan supranatural di dalamnya.

Anime ini terdiri dari dua season, yang masing-masing tayang secara reguler. Season pertama tayang dari tanggal 12 Oktober 2009 sampai 30 Maret 2013 dengan jumlah episode sebanyak 175.

Sedangkan Season keduanya tayang sejak 5 April 2014 sampai 26 Maret 2016 dengan 102 episode. Jadi total ada 277 episode yang siap kamu lahap di waktu luang. Sepanjang cerita kamu akan diajak mengikuti petualangan Natsu, Happy, Lucy, Gray, dan Erza menghadapi lawan-lawan kuat yang mengancam Guild kesayangan mereka, Fairy Tail.

82. Dragon Ball
dragon_ball

Jujur aja nih, pengennya sih nulis panjang soal Dragon Ball di sini, tapi nanti gak sama kayak anime lainnya. Soalnya buat saya, Dragon Ball itu anime terbaik yang pernah ada. Bodo amat mau dibilang monoton, nggak jelas, atau makin rancu ceritanya. Wkwkwk

Well itu opini pribadi aja, kalau kamu tertarik nonton Dragon Ball juga saran saya siapin waktu luang yang lumayan banyak karena jumlah episode-nya juga nggak main-main: 672 episode! Jumlah ini merupakan akumulasi dari:

  • Dragon Ball (153 Episode) yang tayang dari 26 Februari 1986 sampai 12 April 1989
  • Dragon Ball Z (291 Episode) yang tayang dari 26 April 1989 sampai 31 Januari 1996
  • Dragon Ball Kai (97 Episode) tayang dari 5 April 2009 sampai 27 Maret 2011
  • Dragon Ball Super (131 Episode) tayang dari 5 Juli 2015 sampai 25 Maret 2018.

Keempat series ini, sependek pengetahuan saya, merupakan versi resmi yang digarap oleh Toei Animation dan Akira Toriyama. Kalau mau lebih lengkap lagi, kamu bisa nonton movie-nya yang berjumlah 21.

Berapa kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk menonton semua series Dragon Ball ini? Mari kita hitung bersama.

Anggaplah kamu butuh waktu 20 menit untuk menonton satu episode Dragon Ball tanpa opening dan ending song, kemudian satu setengah jam untuk setiap Movie. Berarti estimasi waktu penyelesaian tiap series-nya adalah:

  • Dragon Ball (51 jam/2 hari lebih dikit)
  • Dragon Ball Z (97 jam/4 hari lebih dikit)
  • Dragon Ball Kai (32 jam/1 hari 3 jam-an)
  • Dragon Ball Super (43 jam/1 hari 8 jam-an)
  • Movie (31,5 jam/1 hari 3 jam).

Jadi kalau kamu nonton tanpa jeda, butuh waktu kurang lebih 10 harian untuk menamatkan semua series Dragon Ball. Tapi ya itu mustahil kan, karena kamu pasti udah gila saat masuk hari kelima, jadi silakan hitung sendiri sisanya deh. wkwkwk

83. Inuyasha
inuyasha

Inuyasha adalah anime tahun 2000-an yang pernah tayang di TV Indonesia juga. Ceritanya tentang Inuyasha, seekor siluman di era Sengoku yang bertemu dengan Kagome Higurashi. Mereka berpetualang mengumpulkan pecahan permata Shikon yang menyimpan kekuatan besar.

Anime ini terdiri dari dua Season, yang pertama tayang pada 16 Oktober 2000 sampai dengan 13 September 2004 dengan total episode sebanyak 167. Kemudian yang kedua tayang dari 4 Oktober 2009 sampai 30 Maret 2010 dengan total episode 26.

84. Rurouni Kenshin: Meiji Kenkaku Romantan
rurouni_kenshin

Rurouni Kenshin: Meiji Kenkaku Romantan alias Samurai X adalah anime yang menceritakan tentang Hitokiri Battousai. Generasi 90-an mengenalnya sebagai Batosai si pembantai.

Dia adalah assassin legendaris yang hidup di era Bakumatsu. Setelah menjalani hidup dalam kegelapan dan membasmi ratusan orang, Batosai “pensiun” dan mengawali kehidupan barunya sebagai Kenshin Himura.

Sebagai Kenshin Himura, dia bersumpah tidak akan pernah membunuh lagi. Untuk menepati janjinya ini, dia bahkan menggunakan katana yang terbalik–bagian tajamnya ada di atas.

Kalau kamu mau menyaksikan adegan pertarungan pedang yang epik dan seru, 94 episode Samurai X rasanya sudah cukup banyak. Tapi 94 episode ini tayang pada tahun 1996 sampai 1998 jadi kualitasnya burik. Kalau mau yang bagus, mending nonton versi remake yang udah tayang pada Juli 2023 kemarin.

85. Beelzebub
beelzebub

Beelzebub mungkin nggak sepopuler anime-anime sebelumnya, tapi jumlah episodenya cukup banyak: 60 episode. Ceritanya fokus pada kehidupan Tatsumi Oga yang terkenal sebagai siswa paling menyeramkan di sekolahnya.

Suatu hari Oga bertemu dengan seorang bayi dalam suatu insiden. Bayi ini tiba-tiba nggak mau lepas dari Oga sehingga dia harus membawanya kemanapun dia pergi. SIapa sangka, bayi tersebut ternyata Kaiser de Emperana Beelzebub IV yang merupakan anak dari raja iblis.

Sejak pertemuan ini, kehidupan Oga mulai berubah dan dia harus menghadapi berbagai tantangan sambil berusaha merawat “Baby Beel”. Beelzebub ini cocok dipilih kalau kamu butuh tontonan yang lucu dan nggak terlalu membosankan. Cuma saran saya, jangan terlalu memikirkan soal alur cerita biar kamu nggak kecewa.

86. Detective Conan
detective_conan

27 tahun, 1107 episode dan masih akan terus bertambah. Detective Conan, bersama dengan One Piece, menjadi anime dengan episode yang amat sangat banyak yang bisa kamu tonton.

Sampai sekarang masih belum jelas kapan serial ini akan selesai karena baik manga maupun anime-nya masih terus merilis episode baru. Jadi kalau kamu mau mengikuti perjalanan Shinichi Kudo mengembalikan tubuhnya menjadi dewasa kembali, saran saya, mending siapkan waktu luang yang amat banyak.


Rekomendasi Anime Terbaik yang Sudah Tamat

anime_sudah_tamat

Rekomendasi anime yang sudah tamat sengaja saya simpan di bagian akhir karena daftar ini memuat anime yang nggak akan lanjut lagi. Ada yang karena ceritanya udah selesai, ada juga yang nggak jelas alasannya.

Apapun penyebabnya, empat judul anime ini sifatnya opsional. Jadi kalau kamu pengin, ya silakan ditonton. Tapi kalaupun enggak, ya gak masalah. Saran saya mending ditonton, sih, soalnya lumayan seru kok ceritanya.

87. High School of The Dead
high_school_of_the_dead

Kamu tahu Series The Walking Dead di HBO, nggak? Nah, Highschool of The Dead ini konsepnya nggak beda jauh sama The Walking Dead. Bedanya, protagonisnya berasal dari sekolah SMA.

Kehidupan Takashi Kimuro tiba-tiba berubah total ketika suatu hari zombie menyerang Jepang. Keadaan menjadi keos, Takashi dan temannya harus berjuang sekuat tenaga untuk hidup bertahan hidup dari kejaran zombie.

Meski hanya berjumlah 12 episode, tapi cerita yang disuguhkan nggak membosankan dan cukup menarik buat diikuti. Apalagi visualnya juga nggak jelek-jelek amat, kok. Sayangnya, cerita jadi gantung karena cerita berhenti.

Alasannya, penulis cerita ini, Daisuke Sato, meninggal dunia sehingga tidak ada cerita manga baru yang bisa diadaptasi menjadi anime-nya. Sebuah kabar yang menyedihkan memang, namun kita masih bisa mengingat karya Sato-san melalui anime ini.

88. Dragon Ball GT
dragon_ball_gt

Menurut myanimelist.com, Dragon Ball GT adalah seri yang diproduksi oleh Toei Animation dengan sedikit sentuhan dari Akira Toriyama. Toriyama-sensei sendiri mengatakan series ini sebagai “cerita sampingan yang epik dari cerita asli Dragon Ball”.

Saya setuju dengan pendapat beliau, karena di seri ini Goku punya bentuk baru yaitu Super Saiya 4 dengan rambut panjang hitam dan wajah yang lebih bengis. Dragon Ball GT menceritakan tentang keadaan bumi yang porak poranda karena kelahiran Bola Naga hitam.

Goku yang berubah menjadi anak kecil akibat permintaan dari Pilaf kepada Shen-Long berusaha mencegah kehancuran bumi dengan berkeliling galaxy bersama Trunks dan Pan.

Oh iya, di anime ini kamu juga akan melihat Gogeta–hasil dari fusion Goku dan Vegita dalam bentuk super saiyan 4 yang super powerful!

89. Inazuma Eleven
inazuma_eleven

Menurut saya, Inazuma Eleven adalah versi anime dari film Kung Fu Soccer-nya Stephen Chow. Soalnya, di anime ini, setiap pemain punya jurus sendiri yang membawa setiap pertandingan sepak bola ke level yang lebih lagi.

Ceritanya cukup monoton namun masih bisa dijadikan sebagai selingan saat kamu ingin melahap anime ringan yang nggak bikin mikir. Anyway, sekadar informasi, Inazuma Eleven ini pernah tayang di Indosiar tapi nggak sampai tamat. Padahal nggak banyak adegan kekerasan juga.

90. Death Note
death_note

Perseteruan antara Kira dan L dalam Death Note rasanya sulit dicari penggantinya. Gimana enggak keduanya sama-sama pintar dan punya kekuatan masing-masing. Kira dengan bantuan Death Note-nya, dan L dengan kejeniusannya.

Dalam 37 episode saja, kamu akan disuguhkan sebuah cerita yang dipenuhi dengan strategi dan kepintaran yang luar biasa dari masing-masing karakter utama. Well, nggak banyak yang bisa saya bicarakan soal anime ini, soalnya memang sangat bagus dan populer. Jadi mungkin kamu sudah tahu.

Content Writer, Penjaga Toko Buku Daring, Wibu Full Time.